12/10/2016

Makalah tentang struktur penduduk berdasarkan usia



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Struktur penduduk di suatu wilayah meliputi jumlah, persebaran, dan komposisi penduduk. Struktur penduduk di suatu wilayah tersebut selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu dikarenakan proses demografi yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi. Oleh karena struktur penduduk yang dinamis atau senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu, maka perlu sekali untuk mengetahui komposisi penduduk di suatu wilayah. Hal ini dikarenakan komposisi penduduk dapat memberikan gambaran mengenai pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria tertentu. Sejalan dengan pendapat Ida Bagoes Mantra yang mengungkapkan bahwa komposisi penduduk sendiri adalah pengelompokan penduduk atas variabel-variabel tertentu ( Mantra, Bagoes Ida, 2000 : 23).
Melalui komposisi penduduk akan diperoleh berbagai data mengenai penduduk menurut jenis kelamin dan pengelompokan umur. Demikian, nantinya akan dapat diketahui kelompok umut produktif dan tidak produktif. Hal ini akan memudahkan pemerintah di suatu negara untuk meramalkan kebijakan apa yang akan diambil ketika melakukan pembangunan. Sebagai gambaran, apabila di suatu wilayah negara struktur penduduknya paling banyak pada kelompok umur 9-14 tahun, maka bidang pembangunan dapat ditekankan pada pengembangan pendidikan dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan tersebut. Hal ini akan menunjang keberhasilan pembangunan sumber daya manusia di masa depan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah konsep dasar komposisi penduduk?
2.      Bagaimana klasifikasi komposisi penduduk di Indonesia?
3.      Bagaimana manfaat komposisi penduduk bagi perencanaan pembangunan di Indonesia?

C.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui konsep dasar atau definisi dari komposisi penduduk.
2.      Untuk mengetahui klasifikasi komposisi penduduk di Indonesia.



BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Komposisi Penduduk
Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk atas dasar kriteria tertentu.Misalnya,secara geografis,biologis,sosial dan atau ekonomi. Komposisi penduduk dalam arti demografi adalah komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin. Kedua variabel ini sangat mempengaruhi pertumbuhan penduduk di masa yang akan datang. Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin merupakan yang terpenting. Komposisi menurut umur dan jenis kelamin ini sangat penting bagi pemerintah sebuah negara untuk menentukan kebijakan kependudukan mereka untuk beberapa tahun ke depan.

B     Macam-macam Komposisi Penduduk
1.      Berdasarkan aspek biologis 
Misalnya : penduduk di suatu desa digolongkan berdasarkan umur dan jenis    kelamin.
Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin.
Umur penduduk dikelompokkan menjadi 3 yaitu:
– Umur 0 – 14 tahun dinamakan usia muda/usia belum produktif.
– Umur 15 – 64 tahun dinamakan usia dewasa/usia kerja/usia produktif.
– Umur 65 tahun keatas dinamakan usia tua/usia tak produktif/usia jompo

C. Komposisi Penduduk Menurut Umur  
Sekarang kita akan mempelajari penduduk berdasarkan keragamannya. Kita mulai dari rumah Anda. Berapakah jumlah angota keluarga yang ada di rumah Anda? Berapakah yang berjenis kelamin laki-laki? Berapa beda umur Anda dengan anggota keluarga yang lain? Bandingkan data di keluarga Anda dengan data kependudukan yang telah Anda dapatkan di depan!
Apakah yang telah Anda lakukan dinamakan pendataan penduduk berdasarkan komposisi penduduk? Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu sesuai dengan tujuan pengelompokan tersebut. Contoh pengelompokan penduduk, antara lain adalah berdasarkan jenis kelamin, umur, agama, bahasa, mata pencaharian, pendidikan, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan lain-lain. Komposisi penduduk diperlukan dalam suatu negara karena dapat dijadikan dasar pengambilan kebijaksanaan dalam pelaksanaan pembangunan. Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin merupakan variabel yang sangat penting dalam demografi. Hal ini disebabkan karena dalam setiap pembahasan tentang masalah penduduk melibatkan variabel umur dan jenis kelamin.
Komposisi penduduk menurut umur disebut juga struktur penduduk. Struktur ini membagi umur dalam beberapa kelompok dengan interval tertentu. Struktur penduduk antara wilayah satu dengan yang lain berbeda-beda. Negara maju mempunyai struktur penduduk yang berbeda dengan negara yang sedang berkembang. Demikian pula struktur wilayah perkotaan akan berbeda dengan struktur penduduk wilayah pedesaan. Hal tersebut bisa terjadi karena dipengaruhi oleh tiga variabel demografi yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi. Ketiga variabel tersebut saling berpengaruh satu dengan yang lain, jika salah satu berubah maka variabel yang lain juga ikut berubah. Faktor sosial ekonomi suatu wilayah akan memengaruhi struktur umur wilayah bersangkutan, berdasarkan ketiga variabel demografi tersebut maka

D. Struktur Penduduk
     Struktur Penduduk Terbagi Menjadi Dua Jenis Yaitu Sebagai Berikut.
a. Struktur Penduduk Muda
Carilah data kependudukan yang telah dikelompokkan menurut usia! Anda bisa mencarinya dengan datang ke BPS atau membuka situsnya di internet. Cermatilah kelompok usia mana yang jumlahnya paling banyak! Bila jumlah yang terbanyak adalah kelompok penduduk berusia 15 tahun ke bawah (di atas 35%), sedangkan penduduk yang berusia 65 tahun ke atas lebih sedikit atau di bawah 3% maka struktur penduduknya adalah struktur penduduk muda. Contoh negara yang mempunyai struktur penduduk muda antara lain Indonesia, India, dan Bangladesh. Dengan demikian, berarti dapat kita simpulkan bahwa struktur penduduk muda biasanya terjadi di negara-negara berkembang.

b. Struktur Penduduk Tua
Amatilah negara Amerika Serikat! Coba cari data kepen- dudukannya! Bila jumlah pada kelompok penduduk berusia 15 tahun ke bawah jumlahnya lebih kecil (kurang dari 35%) daripada kelompok penduduk yang berumur 65 tahun ke atas (sekitar 15%), maka struktur penduduknya adalah struktur penduduk tua. Struktur penduduk tua ini biasa terjadi di negara-negara maju, misalnya adalah negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang.
Piramida penduduk menurut umur dan jenis kelamin
Description: Piramida penduduk menurut umur dan jenis kelamin
Amatilah gambar piramida di atas! Pada piramida penduduk tersebut mempunyai dua sumbu yaitu sumbu vertikal dan horizontal. Sumbu vertikal menggambarkan umur penduduk sedangkan sumbu horizontal menggambarkan jumlah penduduk tertentu. Pada bagian kiri sumbu vertikal ialah jumlah penduduk laki-laki dan bagian kanan adalah jumlah penduduk perempuan.
Penggambaran komposisi penduduk biasanya diwujudkan dalam piramida penduduk. Jadi piramida penduduk ialah gambaran dari komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dan dituangkan dalam bentuk grafik. Komposisi penduduk berdasar umur dan jenis kelamin yang digambarkan dalam piramida penduduk ini, dapat menjelaskan karakteristik penduduk dalam suatu wilayah.
Jenis-jenis piramida penduduk dibedakan menjadi 3, yaitu piramida penduduk muda (ekspansive), piramida penduduk stasioner, dan piramida penduduk tua (konstruktif).
    a. Piramida Penduduk Muda (Expansive)
Suatu wilayah yang memiliki angka kelahiran yang tinggi dan angka kematian yang rendah sehingga daerah ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat. Piramida ini dicirikan sebagian besar penduduk masuk dalam kelompok umur muda. Contohnya adalah negara-negara yang sedang berkembang, misalnya Indonesia, Malaysia, Filipina, dan India.
    b. Piramida Penduduk Stasioner
Suatu wilayah memiliki angka kelahiran dan angka kematian yang sama-sama rendah (seimbang). Contohnya adalah negara-negara Eropa Barat.

    c. Piramida Penduduk Tua (Constructive)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyyH6zZrPEJbK4q__brUkEpog1UE5APwWdZNIEUDEXnPi6_GbzX808DpO5hxGNyal2wlK73O40rrdiVcsqzCmJVi8v0sFrS7UNx1JsZfK5iXUqJQrORDlFxX1Mk1AbzWseULEPMS4mNuPk/s1600/Tiga+Macam+Piramida+Penduduk.png
Suatu wilayah memiliki angka kelahiran yang menurun dengan cepat dan tingkat kematian yang rendah. Piramida ini juga dicirikan dengan jumlah kelompok umur muda lebih sedikit dibanding kelompok umur tua. Contohnya adalah negara-negara yang sudah maju, misalnya Amerika Serikat.
Tiga Macam Piramida Penduduk
    Sumber Daya Alam Udara serta Jenis dan Karakteristik Sumber Daya Alam Udara 1) Pengertian Sumber Daya Udara Anda tentunya mengetahui permasalahan lingkungan yang hampir dipastikan setiap tahun akan terja ...
    Fenomena Biosfer dan Lapisan Biosfer Mengapa kita mempelajari biosfer? Biosfer merupakan objek material geografi yang keragamannya banyak dipengaruhi oleh faktor-fak ...
    Pantai Dan Pesisir LautPantai Dan Pesisir Laut, Pantai adalah bagian daratan yang berbatasan dengan laut, yang masih terpengaruh oleh proses-proses abra ...
    Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global (El Nino, La Nina) Dan Dampaknya Terhadap KehidupanDalam keadaan normal angin pasat berembus dari timur melintasi Samudera Pasifik. Hal ini menyebabkan air hangat dari Pasifik Teng ...
   

















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Komposisi penduduk berdasarkan usia aalah pengelompokan penduduk berdasarkan usia baik tunggal maupun berdasarkan interpal usia tertentu.
komposisi penduduk dapat juga dibuat berdasarkan usia produktipitas & usia non produtp

B.     Saran
Komposisi penduduk yang lazim digunakan untuk mengetahui struktur penduduk di Indonesia adalah komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin. Namun, selain menurut umur dan jenis kelamin, komposisi penduduk dapat juga dibedakan menurut tempat tinggalnya misalnya desa atau kota, komposisi menurut agama, pekerjaan, status pernikahan, dan lain sebagainya. Komposisi penduduk memiliki berbagai manfaat untuk analisis data kependudukan bagi peletakan kebijakan pembangunan yang ada di suatu wilayah/negara di Indonesia. Hal ini karena komposisi penduduk dapat memproyeksikan keadaan penduduk di suatu wilayah, mengetahui angka beban kertegantungan, dan harapan hidup di negara Indonesia. Demikian, kajian mengenai komposisi penduduk sangat penting untuk dipahami oleh mahasiswa jurusan kependidikan geografi atau PKLH. Oleh karena mahasiswa pada jurusan kependidikan geografi dan PKLH memiliki tanggungjawab besar nantinya ketika mengajar di sekolah untuk menyampaikan ilmu dan pengetahuan kepada siswanya mengenai konsep kependudukan yang benar di Indonesia.











DAFTAR PUSTAKA

BPS Grobogan. 2011. Piramida Penduduk Kabupaten Grobogan Tahun 2011. grobogankab.bps.go.id, diakses tanggal 18 Maret 2014 Denni Ramdani. 2013. Makalah. Membenahi Sektor Kependudukan untuk mewujudkan ketahanan nasional Halaman 1-16.
http://www.academia.edu/3743382/SDM, diakses tanggal 17 Maret 2014 Mantra, Bagoes Ida. 2000. Demografi Umum. Yogyakarta : Pustaka Belajar 18 Sanjaya, Windu. 2013. Komposisi Penduduk Berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin. Tersedia pada
http://www.sumberilmu.blogspot.com, diakses tanggal 18 Maret 2014 Siagian, Sondang P. 2001. Administrasi Pembangunan : Konsep, Dimensi dan Strateginya. Jakarta : Bumi Aksara Surya, Ida. 2013. Piramida Penduduk. Tersedia di Idasurya.blogspot.com, diakses tanggal 17 Maret 2014 Wikipedia.org. 2012. Komposisi Penduduk. Diunduh di
http://wwww.Wikipedia.org, tanggal 17 Maret 2014 19

No comments:

Post a Comment