TUGAS
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi salah satu Tugas
Mata Kuliah Tasawuf
Dosen Pengampu :
Disusun oleh:
PROGRAM STUDI MANAJEMEN (S1)
SEKOLAH
TINGGI
ILMU EKONOMI
LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA
2023
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta
taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik,
saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan
datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Sekiranya makalah yang
telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya.
Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang
berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan
makalah ini di waktu yang akan datang.
Tasikmalaya, 08 Juni 2023
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATAPEGANTAR ............................................................................................. i
DAFTAR ISI ......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang ............................................................................................ 1
B. Rumusan
Masalah ....................................................................................... 1
C. Tujuan
......................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian
Dzikir Jahar dan Khofi ............................................................. 2
B. Pengertian
Khotaman ................................................................................. 2
C. Pengertian
Manakiban ................................................................................ 6
D. Pengertian
Ziarah ........................................................................................ 8
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
................................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Menilik
dari awal kelahiran sampai mencapai tarap kematangannya seperti sekarang, Tarekat Qodiriyyah Naqsabandiyyah (TQN),
telah menempuh rentang waktu yang sangat panjang. Adalah Syaikh Ahmad Khatib
Sambas, seorang ulama Nusantara yang sangat berpengaruh di Makkah, yang telah
mengintegrasikan dua tradisi tarekat besar; Qodiriyyah dengan Naqsabandiyyah
dalam bentuk TQN seperti yang kita kenal pada abad ke-21 sekarang ini.
Menurut
Dhofier, TQN yang menjadi tarekat terbesar di Jawa, memang didirikan oleh
Syaikh Ahmad Khatib Sambas, yang melalui rujukannya pada orientalis Snouck
Hourgrounje, dipandang sebagai tokoh tarekat Qodiriyyah yang berpusat di Makkah
pada abad ke-19 Masehi. Murid-muridnyalah yang berasal dari Jawa serta Madura,
telah menyebarkan ajaran dari syaikh besar hingga memiliki berjuta-juta
pengikut sekarang ini dengan penyebaran yang kian meluas baik di dalam maupun
di luar negeri.
B.
Rumusan Masalah
1. Jelaskan pengertian dzikir jahar dan khofi?
2.
Jelaskan Pengertian khotaman?
3.
Jelaskan Pengertian
Manakiban?
4.
Jelaskan Pengertian Ziarah?
C.
Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian dzikir jahar dan khofi
2.
Untuk mengetahui Pengertian
khotaman dan amalannya
3.
Untuk mengetahui Pengertian
Manakiban
4.
Untuk mengetahui Pengertian
Ziarah
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Dzikir
Dzikir berasal dari kata ذَكَرَ, yang memiki 2 arti yaitu: 1. Mengingat , mengingat, mengenang,
merasakan dan menghayati. Alat untuk mengingat adalah qalbu. Dzikir dalam arti
mengingat disebut juga dengan dzikir Khafi (samar) atau bisa disebut
juga dengan dzikir Sirr (rahasia); 2. Menyebut. Cara
menyebutkan tentu saja dilakukan dengan lisan. Dzikir jenis ini disebut juga
dengan dzikir Jahri (nyata). Pembagian di atas
sebagaimana firman Allah Swt. di dalam al-Qur’an:” Dan rahasiakanlah (sirri) perkataanmu atau
nyatakanlah (jahri); sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang bergejolak di
dalam dada.”(Al Mulk : 13)
Macam-Macam Dzikir
Dzikir ada dua macam, yaitu dzikir jahar dan
dzikir khafi. Dzikir jahar adalah dzikir yang disuarakan sedangkan dzikir khafi
adalah dzikir yang tidak disuarakan (di dalam qalbu).
Dzikir terbagi dua :
1. Dzikir
jahar (dzikir lisan/dzikir bersuara) baik suara pelan atau suara keras.
Dzikir dengan suara pelan seperti :wiridan, berdoa, baca quran dll.
Dzikir yang harus keras
adzan, talbiyah, doa imam agar terdengar jamaah, wirid berjamaah, baca quran dll.
2. Dzikir
khofi / dzikir qolbi / dzikir sirri adalah dzikir dengan hati tanpa suara baik
pelan atau keras.
B.
Pengertian Khataman
Kata khataman berasala dri
kata “khatama yakhtumu khataman” artinya selesai/
menyelesaikan. Maksud khataman dalam TQN adalah menyelesaikan atau menamatkan
pembacaan aurad (wirid-wirid) yang menjadi ajaran TQN pada waktu-waktu
tertentu.
Bacaan khataman
إِلٰى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفٰى مُحَمَّدٍ صَلَّى
اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلٰى اٰلِـهٖ وَأَصْ
حَابِـهٖ وَأَزْوَاجِهٖ وَذُرِّيّٰـتِهٖ وَأَهْلِ
بَيْتِـهٖ أَجْمَعِيْنَ شَيْءٌ
لِلّٰهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ
Ilā hadlratin nabiyyil mushthafā
Muhammadin shallallāhu alayhi wa sallam wa ‘alā ālihī wa ash-hā bihī wa azwā
jihī wa dzurriyyātihī wa ahli baytihī ajma’īn, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Tertuju ke hadirat Nabi
al-Musthafa Muhammad Saw, juga keluarga, sahabat, istri-istri, segenap
keturunan dan ahlul baitnya – segala perkara milik Allah untuk mereka,
Al-Faatihah)
ثُـمَّ
إِلٰى أَرْوَاحِ اٰبَائِهِ وَأُمَّهَاتِهٖ وَإِخْوَانِهٖ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ
وَالْمُرْسَـلِيْنَ وَالْمَلَائِكَةِ الْمُـقَرَّبِيْنَ وَالْكَرُوْبِيِّـيْنَ
وَالشُّـهَدَاءِ وَالصَّالِـحِيْنَ وَاٰلِ كُلٍّ وَأَصْحَابِ كُلٍّ وَإِلٰى رُوْحِ
أَبِيْـنَا اٰدَمَ وَاُمِّـنَا حَوَاءَ وَمَا تَنَـاسَلَ بَيْنَهُمَا إِلٰى يَوْمِ
الدِّيْنِ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ
Tsumma ilā arwāhi ābā ihī wa
ummahātihī wa ikhwānihī minal anbiyā-i wal mursalīna wal malā ikatil muqarrabīn
wal karūbiyyīna wasy syuhadā-i wash shālihīn, wa āli kulliw wa ash hābi kulliw
wa ilā rūhi abīnā ādama wa umminā hawā, wamā tanā salabaynahumā ilā yaumiddīn,
syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada ruh
dari ayah-ayahnya, ibu-ibunya, saudara-saudaranya dari para Nabi, juga kepada
para utusan dan malaikat muqarrabin dan karubiyin dan mereka yang mati syahid
dan kepada para shalihin dan keluarganya dan para sahabatnya dan kepada ruh
bapak dan ibu kita semua yakni Nabi Adam dan Siti Hawa dan keturunan dari
keduanya hingga hari kiamat. Segala perkara milik Allah untuk mereka,
Al-Faatihah)
ثُـمَّ
إِلٰى أَرْوَاحِ سَـادَاتِنَـا وَمَوَالِيـْنَا وَاَئِمَّتِنَـا اَبِى بَكْرٍ
وَعُمَرَ وَعُـثْمَانَ وَعَلِىِّ وَإِلٰى بَـقِيَّـةِ الصَّحَـابَةِ
وَالْقَرَابَةِ وَالتَّابِعِيْـنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْـنَ لَـهُمْ
بِـإِحْسَـانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْـنِ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ
Tsumma ilā arwāhi sādātinā wama
wālīnā wa a-immatinā abī bakri wa ‘umara wa ‘utsmāna wa ‘alīyyin wa ilā
baqiyyatish shahābati wal qarābati wat tā bi’īna watā bi’it tābi’īna lahum bi
ihsānin ilā yawmiddīn, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada ruh para pembesar Islam, pengurus serta imam kita
yakni Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali dan kepada semua sahabat dan kerabat dan
para tabi’in serta yang mengikuti tabi’in dengan kebaikan. segala perkara milik
Allah untuk mereka, Al-Faatihah)
ثُـمَّ
إِلٰى أَرْوَاحِ أَئِمَّةِ الْـمُجْتَهِدِيْنَ وَمُقَلِّدِيْهِمْ فِى الدِّيْنِ
وَالْعُلَمَآءِ الرَّاشِدِيْنَ وَالْقُرَّآءِ الْمُخْلِصِيْنَ وَأَهْلِ
التَّفْسِيْرِ وَالْمُحَدِّثِيْنَ وَسَآئِرِسَادَاتِ الصُّوْفِيَّةِ
الْمُحَقِّقِيْنَ وَإِلَى أَرْوَاحِ كُلِّ وَلِيٍّ وَوَلِيَّةٍ وَمُسْلِمٍ
وَمُسْلِمَةٍ مِّنْ مَشَارِقِ الْأَرْضِ إِلٰى مَغَارِبِـهَا وَمِنْ يَمِيْنِهَا
إِلٰى شِمَالِهَا شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ
Tsumma ilā arwāhi a-immatil
mujtahidīn wa muqallidīhim fiddīni wal ‘ulamā-ir rāsyidīn wal qurrā-il
mukhlishīn wa ahlit tafsīri wal muhadditsīna wasā iris sādātish shūfiyyatil
muhaqqiqīn wa ilā arwāhi kulli waliyyin wa waliyyatin wa muslimiw wa muslimatin
mim masyāriqil ardhi ilā maghāribihā wamin yamīnihā ilā syimālihā, syai-ul
lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada ruh para imam mujtahid dan pengikut mereka dan para
ulama yang mendapat petunjuk dan para pembaca Qur’an yang ikhlas serta para
ahli tafsir dan ahli hadits serta para pembesar sufi yang benar dan kepada ruh
seluruh wali baik pria maupun wanita, muslim maupun muslimat, baik yang berada
di sebelah timur, barat, kanan maupun kiri bumi. Segala perkara milik Allah
untuk mereka, Al-Faatihah)
ثُـمَّ
إِلٰى أَرْوَاحِ أَهْلِ السِّلْسِلَةِ الْقَادِرِيَّةِ وَالنَّقْشَبَنْدِيَّةِ
وَجَمِيْعِ أَهْلِ الطُّرُقِ خُصُوْصًا إِلٰى حَضْرَةِ سُلْطَانِ اْلأَوْلِيَاءِ
غَوْثِ اْلأَعْظَمِ قُطْبِ الْعَالَمِيْنَ السَّـيِّدِ الشَّيْخِ
عَبْدِالْقَادِرِالْجَيْلَانِيِّ قَدَّسَ اللّٰهُ سِرَّهُ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ
اَبِى الْقَاسِمِ جُنَيْدِ الْبَغْدَادِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ مَعْرُوْفِ
الْكَرْخِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ سِرِّ السَّقَطِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ
حَبِيْبِ الْعَجَمِيِّ وَالسَّيِّدِ الشَّيْخِ حَسَنِ الْبَصْرِيِّ
وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ جَعْفَرِالصَّادِقِ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ يُوْسُفُ
الْهَمْدَانِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ أَبِي يَزِيْدِ الْبُسْطَامِيِّ
وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ شَاهْ بَـهَاءُ الدِّيْنِ النَّقْشَبَنْدِيِّ وَحَضْرَةِ
الْإِ مَامِ الرَّبَّانِى وَحَضْرَةِ شَيْخِنَا الْمُكَرَّمِ السَّيِّدِ الشَّيْخِ
عَبْدُ اللّٰهِ مُبَارَكْ بْنِ نُوْر مُحَمَّدْ وَحَضْرَةِ شَيْخِنَا الْمُكَرَّمِ
السَّيِّدِ الشَّيْخِ أَحْمَدْ صَاحِبُ الْوَفَى تَاجُ الْعَارِفِينْ وَأُصُوْلِهِمْ
وَفُرُوْعِهِمْ وَأَهْلِ سِلْسِلَتِهِمْ وَالْأٰخِذِيْنَ عَنْهُمْ شَيْءٌ لِلّٰهِ
لَهُمُ الْفَاتِحَةُ
Tsumma ilā arwāhi ahlis
silsilatil qādiriyyah wan naqsyabandiyyah wajamī’i ahlith thuruqi khusūshan ilā
hadhrati sulthānil awliyā-i ghautsil a’zham, quthbil ‘ālamīnas sayyidisy Syaikh
‘Abdul Qādir al-Jailānī qaddasallāhu sirrahu, was sayyidisy Syaikh Abil Qāsim
Junaidil Baghdādiyyi, was sayyidisy Syaikh Ma’rufil Karkhī, was sayyidisy
Syaikh Sirris Saqathi, was sayyidisy Syaikh Habībil ‘Ajamiyyi, was sayyidisy
Syaikh Hasanil Bashriyyi, was sayyidisy Syaikh Ja’faris Shādiq, was sayyidisy
Syaikh Yūsuful Hamdāniyyi, was sayyidisy Syaikh Abī Yazīdil Busthāmi, was
sayyidisy Syaikh Syāh Bahāuddin an Naqsyabandiyyi, wa hadhrati Imāmir
Rabbaniyyi, wa hadhrati syaikhinal mukarramis sayyidisy Syaikh Abdullāh Mubārok
bin Nur Muhammad, wa hadhrati syaikhinal mukarramis sayyidisy Syaikh Ahmad
Shāhibulwafā Tājul ‘Ārifin Radliyallāhu ‘anh. Wa ushūlihim wa furū’ihim wa ahli
silsilatihim wal ākhidzīna ‘anhum, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada ruh para guru Thariqah Qadiriyyah Naqsyyabandiyah
dan kepada seluruh ahli Thariqah, khususnya kepada ruhnya pemimpin para wali,
wali ghauts tertinggi, patok alam, tuan guru yang menghidupkan agama, yakni Syekh
Abdul Qodir Al-Jaylani, dan tuan syekh Abil Qosim Junaydi Al Baghdadi dan tuan
syekh Ma’ruf Al-Karkhi dan tuan syekh Sarri Saqathi dan tuan syekh Habibil
‘Ajami dan tuan syekh Hasan Bashri dan tuan syekh Ja’far Shodiq dan tuan syekh
Yusuf Al-Hamdani dan tuan syekh Abu Yazid Al-Busthomi dan tuan syekh Syah
Bahauddin An-Naqsyabandi dan kepada Imam Robbani dan kepada kepada guru kita
yang mulia Syekh ‘Abdulloh Mubarok bin Nur Muhammad dan kepada guru kita yang
mulia Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul ‘Arifin dan kepada para ayahnya terus ke
atas dan para putranya terus ke bawah dan para rantai silsilahnya dan
orang-orang yang bertabarruk dari mereka. Segala perkara milik Allah untuk
mereka, Al-Faatihah)
ثُـمَّ
إِلٰى اَرْوَاحِ وَالِدِيْنَا وَوَالِدِيْكُمْ وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِكُمْ
وَاَمْوَاتِنَا وَاَمْوَاتِكُمْ وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ لَهٗ حَقٌّ
عَلَيْنَا َوَلِمَنْ اَوْصَانَا وَاسْتَوْصَانَا وَقَلَّدَنَا عِنْدَكَ بِدُعَاءِ
الْخَيْرِ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ
Tsumma ilā arwāhi wālidīnā wa
wālidīkum wa masyāikhinā wa masyāikhikum wa amwātinā wa amwātikum, waliman
ahsana ilainā walimal lahū haqqun ‘alainā, waliman awshānā wastaushānā
waqalladanā ‘indaka bidu’ā-il khair, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada para arwah orang tua kami dan orang tua anda, para
guru kami dan guru anda, kepada mereka yang telah meninggal dunia dari pihak
kami dan pihak anda, dan orang-orang yang menjadi tanggungan kita, dan kepada
mereka yang telah berwasiat kepada kita dan juga yang meminta wasiat dari kita,
dan mereka yang mengikuti kita di jalan Tuhan dengan do’a yang baik. Segala
perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)
ثُـمَّ
إِلٰى اَرْوَاحِ جَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْـنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْـلِمِيْنَ
وَالْمُسْـلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهـُمْ وَالْأَمْوَاتِ مِنْ مَشَـارِقِ
الْأَرْضِ إِلٰى مَغَارِبِـهَا وَمِنْ يَّمِيْـنِهَا إِلٰى شِمَـالِـهَا وَمِنْ
قَافٍ إِلٰى قَافٍ مِّنْ وَلَدِ اٰدَمَ إِلٰى يَوْمِ الْقِيَـامَـةِ شَـيْءٌ
لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ
Tsumma ilā arwāhi jamī’il mu’minīna
wal mu’mināti wal muslimīna wal muslimātil ahyā-i minhum wal amwāti min
masyāriqil ardhi ilā maghāribihā wamin yamīnihā ilā syimālihâ, wamin qāfin ilā
qāfim miw waladi ādama ilā yaumil qiyāmati, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada saudara kami yang seiman baik pria maupun wanita
seluruh umat Islam baik pria maupun wanita, baik yang masih hidup maupun yang
telah meninggal dunia dari belahan timur bumi maupun belahan baratnya, dari
kanan ke kiri, dari gunung Qof ke gunung Qof sejak putra Nabi Adam sampai hari
kiamat. Segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)
اَللّٰـهُمَّ
صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّـدِالنَّبِـيِّ اْلأُمِّـيِّ وَعَلٰى اٰلِـهٖ
وَصَحْبِهٖ وَسَلِّمْ (×١٠٠)
Allāhumma shalli ‘alā sayyidinā
Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallim. (3/100 x)
(Ya Allah, curahkanlah rahmat dan
kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, Nabi yang ummi, dan juga
kepada keluarganya dan para sahabatnya)
Manakib
bisa diartikan “riwayat hidup’ yang berhubungan dengan sejarah kehidupan
orang-orang besar, atau tokoh-tokoh penting, seperti biodata tentang
kelahiranya, silsilah keturunannya, kegiatan dan langkah perjuangannya,
guru-gurunya, sifat-sifatnya, serta akhlak keperibadianya. Dalam kamus
Al-Munjid diartikan :
“Maa ‘urifa bihii minal-khishoolil hamiidati, wal-akhlaaqil
jamiilati:.
Artinya : “Apa yang diketahui pda manusia, tentang budi pekertinya
yang terpuji dan akhlaknya yang baik”
Membaca, mengkaji, membahas, dan memperingati yang mempunyai
manakib (riwayat hidup) dalam istilah umum di artikan, dan disebut manakib.
Sejarah
Perkembangan Manakib/Manakiban
Manaqib, manakiban sudah berkembang sejak perkembangannya Dinul
Islam baik di masa sebelum nabi Muhammad SAW. ataupun sesudah wafatnya, dan
secara jelas sudah diterangkan dalam Al-qur’an dan sunnah Rasulullah SAW.
Sejarah perkembangan manaqib, manaqiban di Indonesia dimulai sejak perkembangan
Islam di Indonesia terutama di pulau Jawa telah digerakkan oleh para juru
dakwah, para mubalig Islam yang dipimpin oleh Wali Songo. Mereka mengajarkan
kepada masyarakat Islam tentang ilmu Tasawuf dan pengalamannya Thorekat
Mu’tabaroh, diantaranya manaqiban dan amalan-amalan lainnya. Manakib, manakiban
ternyata berjalan dan berkembang terus sampai sekarang, bahkan oleh masyarakat
Islam hal tersebut dijadikan sebagai sarana dakwah islamiyah.
Hukum
Membaca, Mendengarkan, dan Memperingati Manakiban
Membaca dan mendengarkan manakiban, mempelajari atau mengetahui
segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan riwayat hidup seseorang atau
tokoh-tokoh sahabat Nabi Muhammad SAW., para Ulama Tabi’in, Ulama Mujtahidin
para waliyullah dan lain-lainnya dengan tujuan untuk dipetik dan dijadikan
pelajaran dan contoh unsur keteladanannya yang baik, adalah sangat besar
faedahnya dan termasuk yang dianjurkan agama, sebagaimana difirmankan dalam
Al-qur’an: “Laqod kaana fii qoshoshihim ‘ibrotul li ulil-albaab”
Artinya : “Sungguh pada kisah mereka adalah mengandung suri
tauladan bagi orang yang berakal” (QS Yusuf 11)
Memperhatikan struktur analisis tersebut, hukum melaksanakan
manaqiban seperti tersebut di atas diiringi rasa cinta serta mengharap barokah
syafaat hukumnya Sunnah, sebagaimana termaktub dalam kitab Tabahirotul
fashilin’an ushulihin washilin,
“Mustahabbun kahubbil ‘ulamaa-I wash-shulahaa-I walmujtahidiina
liakhlaakihimul hamiidati wa kamaalaatihimus-saniyyati wa aushoofihimul
jamiilati rojaa-a min syafaa’atihim wa madadihim”
Artinya : “Hukumnya sunat, sebagaimana cinta pada akhlak para
ulama, para sholihin, para mujtahidin yang terpuji derajatnya yang luhur dan
sifat-sifatnya yang baik, serta mengharap syafaat dan barokah dari padanya.
Maksud
dan Tujuan Upacara Manakiban
Pada umumnya masyarakat Islam dan para Ikhwan Thorekat Qodiriyah
Naqsabandiyah, sasaran yang ingin dicapai dalam melaksanakan manaqiban itu
tiada lain semata-mata:
Pertama: Mengharap rahmat Allah, keberkahan, serta kifarat dosa
sebagaimana sabda Rasululloh SAW.
“Dzikrush-shoolihiina kaffaarotun ‘anid-dzunuubi wa’inda
dzikrushsolihiina tanzulur-rohmatu wa tahshulul-barokaatu”
Artinya: “Memperingati orang-orang Saleh akan memperoleh kifarat
dosa dan pada peringatan tersebut akan turun rahmat dan memperoleh barokah”.
Kedua : Mengembangkan dan melestarikan pengamalan Thorekat
Qodiriyah Naqsabandiyah sebagai salah satu jalan untuk mendapat ridho Allah,
kasih sayang Allah dan mengenal lebih dekat kepada Allah.
Ketiga : Ingin tercapai/terwujudnya insan hamba Allah yang beriman,
bertakwa, beramal saleh dan berakhlak karimah sufiah.
Keempat : mencontoh, mengikuti jejak-jejak langkah yang dekat dalam
kurung (taqorrub) kepada Allah, diantaranya para waliyulloh.
“Wattabi’ sabiila man anaaba ilayya”
Artinya : “Dan hendaklah kamu mengikuti jalan orang-orang yang
sudah kembali (tobat) kepada-Ku” (QS lukman.15)
Kelima : Merasa cinta (mahabbah) tutup kurung dan menghormati
keturunan (dzurriyah) dan syekh Abdul Qodir adalah keturunan dari Rasulullah
SAW.
Oleh sebab itu, barang siapa mencintai wali sama halnya dengan
mencintai nabi Muhammad SAW., namun sebaliknya, barang siapa yang membenci
wali, sama halnya dengan membenci Nabi Muhammad SAW., dan barangsiapa yang anti
kepada manakibnya wali, sebenarnya ia telah menentang perang kepada Allah. Nabi
bersabda:
“Man ‘aadaa lii waliyyan faqod aadzantuhu bil-harbi”
Artinya : “Barang siapa yang memusuhi waliku, maka aku izinkan
perang padanya”.
Ruang Lingkup Manakib
Ruang lingkup manakib atau kedudukan manakib meliputi tiga aspek
yakni sebagai berikut.
1
Riwayat (tarikh
atau kisah nyata)
2
Karomah
(keramat, kehormatan, kemuliaan dari Alloh SWT.)
3 Wasiat
D. Pengertian Ziarah
Ziarah menurut bahasa berasal dari
akar kata zaara – yazuuru, ziyaaratan artinya berkunjung atau mengunjungi.
Menurut istilah ziarah adalah mengunjungi tempat-tempat suci, atau berkunjung
ke kepada orang-orang salih, para nabi, para wali, baik yang masih hidup maupun
yang sudah meninggal dengan niat karena Allah.
Tujuan Ziarah, antara lain :
1) Mengingatkan kita akan kematian.
2) Mengambil pelajaran (‘ibrah) dari
kehidupan manusia-manusia salih (salihin).
3) Mendo’akan kepada arwah mukminin
yang sudah meninggal mendahului kita.
4) Attabarruk.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Inti ajaran TQN
adalah Muraqabah artinya mendekatkan diri ke-pada Allah dengan ajaran
berbagai amalan dan Riyadhah; yang paling prinsip adalah dengan cara
berzikir, sebagaimana sabda Imam Ali: “Cara terbaik dan tercepat untuk sampai
kepada Allah adalah zikrullah.” Secara skema, sanad dan silsilah TQN dapat
dilihat dalam rajah berikut:
1. Allah swt
2. Jibril ‘alaihissalam
3. Muhammad saw
DAFTAR PUSTAKA
http://sylviapurbaningrum.blogspot.com/2011/02/tqn-pondok-pesantren-suryalaya.html
https://dokumenpemudatqn.blogspot.com/2023/01/khataman-tqn-ppsuryalaya.html
https://tqnnews.com/kekuatan-dzikir-khataman-dan-manaqiban/