MAKALAH Tasawuf

 

TUGAS

MAKALAH

Disusun untuk memenuhi salah satu Tugas Mata Kuliah Tasawuf

Dosen Pengampu : 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Disusun oleh:


 

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN (S1)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH

PONDOK PESANTREN SURYALAYA

2023


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini.  Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.

Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.

 

Tasikmalaya, 08 Juni 2023

 

 

 

Penyusun

 

DAFTAR ISI

 

KATAPEGANTAR .............................................................................................      i

DAFTAR ISI .........................................................................................................      ii

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang ............................................................................................      1

B.     Rumusan Masalah .......................................................................................      1

C.     Tujuan .........................................................................................................      1

BAB II PEMBAHASAN

A.    Pengertian Dzikir Jahar dan Khofi .............................................................      2

B.     Pengertian Khotaman .................................................................................      2

C.     Pengertian Manakiban ................................................................................      6

D.    Pengertian Ziarah ........................................................................................      8

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan .................................................................................................      9

DAFTAR PUSTAKA



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

Menilik dari awal kelahiran sampai mencapai tarap kematangannya seperti sekarang,  Tarekat Qodiriyyah Naqsabandiyyah (TQN), telah menempuh rentang waktu yang sangat panjang. Adalah Syaikh Ahmad Khatib Sambas, seorang ulama Nusantara yang sangat berpengaruh di Makkah, yang telah mengintegrasikan dua tradisi tarekat besar; Qodiriyyah dengan Naqsabandiyyah dalam bentuk TQN seperti yang kita kenal pada abad ke-21 sekarang ini.

Menurut Dhofier, TQN yang menjadi tarekat terbesar di Jawa, memang didirikan oleh Syaikh Ahmad Khatib Sambas, yang melalui rujukannya pada orientalis Snouck Hourgrounje, dipandang sebagai tokoh tarekat Qodiriyyah yang berpusat di Makkah pada abad ke-19 Masehi. Murid-muridnyalah yang berasal dari Jawa serta Madura, telah menyebarkan ajaran dari syaikh besar hingga memiliki berjuta-juta pengikut sekarang ini dengan penyebaran yang kian meluas baik di dalam maupun di luar negeri.

 

B.     Rumusan Masalah

1.      Jelaskan pengertian dzikir jahar dan khofi?

2.      Jelaskan Pengertian khotaman?

3.      Jelaskan Pengertian Manakiban?

4.      Jelaskan Pengertian Ziarah?

C.    Tujuan

1.      Untuk mengetahui pengertian dzikir jahar dan khofi

2.      Untuk mengetahui Pengertian khotaman dan amalannya

3.      Untuk mengetahui Pengertian Manakiban

4.      Untuk mengetahui Pengertian Ziarah

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Dzikir

Dzikir berasal dari kata ذَكَرَ, yang memiki 2 arti yaitu: 1. Mengingat , mengingat, mengenang, merasakan dan menghayati. Alat untuk mengingat adalah qalbu. Dzikir dalam arti mengingat disebut juga dengan dzikir Khafi (samar) atau bisa disebut juga dengan dzikir Sirr (rahasia); 2. Menyebut. Cara menyebutkan tentu saja dilakukan dengan lisan. Dzikir jenis ini disebut juga dengan dzikir Jahri (nyata). Pembagian di atas sebagaimana firman Allah Swt. di dalam al-Qur’an:” Dan rahasiakanlah (sirri) perkataanmu atau nyatakanlah (jahri); sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang bergejolak di dalam dada.”(Al Mulk : 13)

 Macam-Macam Dzikir

Dzikir ada dua macam, yaitu dzikir jahar dan dzikir khafi. Dzikir jahar adalah dzikir yang disuarakan sedangkan dzikir khafi adalah dzikir yang tidak disuarakan (di dalam qalbu).
Dzikir terbagi dua :

1.      Dzikir jahar (dzikir lisan/dzikir bersuara) baik suara pelan atau suara keras.
Dzikir dengan suara pelan seperti :wiridan, berdoa, baca quran dll.
Dzikir yang harus keras
adzan, talbiyah, doa imam agar terdengar jamaah, wirid berjamaah, baca quran dll.

2.      Dzikir khofi / dzikir qolbi / dzikir sirri adalah dzikir dengan hati tanpa suara baik pelan atau keras.

B.     Pengertian Khataman

Kata khataman berasala dri kata “khatama yakhtumu khataman” artinya selesai/ menyelesaikan. Maksud khataman dalam TQN adalah menyelesaikan atau menamatkan pembacaan aurad (wirid-wirid) yang menjadi ajaran TQN pada waktu-waktu tertentu.

Bacaan khataman

إِلٰى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفٰى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلٰى اٰلِـهٖ وَأَصْ

حَابِـهٖ وَأَزْوَاجِهٖ وَذُرِّيّٰـتِهٖ وَأَهْلِ بَيْتِـهٖ أَجْمَعِيْنَ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Ilā hadlratin nabiyyil mushthafā Muhammadin shallallāhu alayhi wa sallam wa ‘alā ālihī wa ash-hā bihī wa azwā jihī wa dzurriyyātihī wa ahli baytihī ajma’īn, syai-ul lillāhi lahumul fātihah

(Tertuju ke hadirat Nabi al-Musthafa Muhammad Saw, juga keluarga, sahabat, istri-istri, segenap keturunan dan ahlul baitnya – segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)

ثُـمَّ إِلٰى أَرْوَاحِ اٰبَائِهِ وَأُمَّهَاتِهٖ وَإِخْوَانِهٖ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَـلِيْنَ وَالْمَلَائِكَةِ الْمُـقَرَّبِيْنَ وَالْكَرُوْبِيِّـيْنَ وَالشُّـهَدَاءِ وَالصَّالِـحِيْنَ وَاٰلِ كُلٍّ وَأَصْحَابِ كُلٍّ وَإِلٰى رُوْحِ أَبِيْـنَا اٰدَمَ وَاُمِّـنَا حَوَاءَ وَمَا تَنَـاسَلَ بَيْنَهُمَا إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ilā arwāhi ābā ihī wa ummahātihī wa ikhwānihī minal anbiyā-i wal mursalīna wal malā ikatil muqarrabīn wal karūbiyyīna wasy syuhadā-i wash shālihīn, wa āli kulliw wa ash hābi kulliw wa ilā rūhi abīnā ādama wa umminā hawā, wamā tanā salabaynahumā ilā yaumiddīn, syai-ul lillāhi lahumul fātihah

(Semoga disampaikan kepada ruh dari ayah-ayahnya, ibu-ibunya, saudara-saudaranya dari para Nabi, juga kepada para utusan dan malaikat muqarrabin dan karubiyin dan mereka yang mati syahid dan kepada para shalihin dan keluarganya dan para sahabatnya dan kepada ruh bapak dan ibu kita semua yakni Nabi Adam dan Siti Hawa dan keturunan dari keduanya hingga hari kiamat. Segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)

ثُـمَّ إِلٰى أَرْوَاحِ سَـادَاتِنَـا وَمَوَالِيـْنَا وَاَئِمَّتِنَـا اَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُـثْمَانَ وَعَلِىِّ وَإِلٰى بَـقِيَّـةِ الصَّحَـابَةِ وَالْقَرَابَةِ وَالتَّابِعِيْـنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْـنَ لَـهُمْ بِـإِحْسَـانٍ إِلٰى يَوْمِ الدِّيْـنِ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ilā arwāhi sādātinā wama wālīnā wa a-immatinā abī bakri wa ‘umara wa ‘utsmāna wa ‘alīyyin wa ilā baqiyyatish shahābati wal qarābati wat tā bi’īna watā bi’it tābi’īna lahum bi ihsānin ilā yawmiddīn, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada ruh para pembesar Islam, pengurus serta imam kita yakni Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali dan kepada semua sahabat dan kerabat dan para tabi’in serta yang mengikuti tabi’in dengan kebaikan. segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)

ثُـمَّ إِلٰى أَرْوَاحِ أَئِمَّةِ الْـمُجْتَهِدِيْنَ وَمُقَلِّدِيْهِمْ فِى الدِّيْنِ وَالْعُلَمَآءِ الرَّاشِدِيْنَ وَالْقُرَّآءِ الْمُخْلِصِيْنَ وَأَهْلِ التَّفْسِيْرِ وَالْمُحَدِّثِيْنَ وَسَآئِرِسَادَاتِ الصُّوْفِيَّةِ الْمُحَقِّقِيْنَ وَإِلَى أَرْوَاحِ كُلِّ وَلِيٍّ وَوَلِيَّةٍ وَمُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ مِّنْ مَشَارِقِ الْأَرْضِ إِلٰى مَغَارِبِـهَا وَمِنْ يَمِيْنِهَا إِلٰى شِمَالِهَا شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ilā arwāhi a-immatil mujtahidīn wa muqallidīhim fiddīni wal ‘ulamā-ir rāsyidīn wal qurrā-il mukhlishīn wa ahlit tafsīri wal muhadditsīna wasā iris sādātish shūfiyyatil muhaqqiqīn wa ilā arwāhi kulli waliyyin wa waliyyatin wa muslimiw wa muslimatin mim masyāriqil ardhi ilā maghāribihā wamin yamīnihā ilā syimālihā, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada ruh para imam mujtahid dan pengikut mereka dan para ulama yang mendapat petunjuk dan para pembaca Qur’an yang ikhlas serta para ahli tafsir dan ahli hadits serta para pembesar sufi yang benar dan kepada ruh seluruh wali baik pria maupun wanita, muslim maupun muslimat, baik yang berada di sebelah timur, barat, kanan maupun kiri bumi. Segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)

ثُـمَّ إِلٰى أَرْوَاحِ أَهْلِ السِّلْسِلَةِ الْقَادِرِيَّةِ وَالنَّقْشَبَنْدِيَّةِ وَجَمِيْعِ أَهْلِ الطُّرُقِ خُصُوْصًا إِلٰى حَضْرَةِ سُلْطَانِ اْلأَوْلِيَاءِ غَوْثِ اْلأَعْظَمِ قُطْبِ الْعَالَمِيْنَ السَّـيِّدِ الشَّيْخِ عَبْدِالْقَادِرِالْجَيْلَانِيِّ قَدَّسَ اللّٰهُ سِرَّهُ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ اَبِى الْقَاسِمِ جُنَيْدِ الْبَغْدَادِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ مَعْرُوْفِ الْكَرْخِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ سِرِّ السَّقَطِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ حَبِيْبِ الْعَجَمِيِّ وَالسَّيِّدِ الشَّيْخِ حَسَنِ الْبَصْرِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ جَعْفَرِالصَّادِقِ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ يُوْسُفُ الْهَمْدَانِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ أَبِي يَزِيْدِ الْبُسْطَامِيِّ وَالسَّـيِّدِالشَّيْخِ شَاهْ بَـهَاءُ الدِّيْنِ النَّقْشَبَنْدِيِّ وَحَضْرَةِ الْإِ مَامِ الرَّبَّانِى وَحَضْرَةِ شَيْخِنَا الْمُكَرَّمِ السَّيِّدِ الشَّيْخِ عَبْدُ اللّٰهِ مُبَارَكْ بْنِ نُوْر مُحَمَّدْ وَحَضْرَةِ شَيْخِنَا الْمُكَرَّمِ السَّيِّدِ الشَّيْخِ أَحْمَدْ صَاحِبُ الْوَفَى تَاجُ الْعَارِفِينْ وَأُصُوْلِهِمْ وَفُرُوْعِهِمْ وَأَهْلِ سِلْسِلَتِهِمْ وَالْأٰخِذِيْنَ عَنْهُمْ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ilā arwāhi ahlis silsilatil qādiriyyah wan naqsyabandiyyah wajamī’i ahlith thuruqi khusūshan ilā hadhrati sulthānil awliyā-i ghautsil a’zham, quthbil ‘ālamīnas sayyidisy Syaikh ‘Abdul Qādir al-Jailānī qaddasallāhu sirrahu, was sayyidisy Syaikh Abil Qāsim Junaidil Baghdādiyyi, was sayyidisy Syaikh Ma’rufil Karkhī, was sayyidisy Syaikh Sirris Saqathi, was sayyidisy Syaikh Habībil ‘Ajamiyyi, was sayyidisy Syaikh Hasanil Bashriyyi, was sayyidisy Syaikh Ja’faris Shādiq, was sayyidisy Syaikh Yūsuful Hamdāniyyi, was sayyidisy Syaikh Abī Yazīdil Busthāmi, was sayyidisy Syaikh Syāh Bahāuddin an Naqsyabandiyyi, wa hadhrati Imāmir Rabbaniyyi, wa hadhrati syaikhinal mukarramis sayyidisy Syaikh Abdullāh Mubārok bin Nur Muhammad, wa hadhrati syaikhinal mukarramis sayyidisy Syaikh Ahmad Shāhibulwafā Tājul ‘Ārifin Radliyallāhu ‘anh. Wa ushūlihim wa furū’ihim wa ahli silsilatihim wal ākhidzīna ‘anhum, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada ruh para guru Thariqah Qadiriyyah Naqsyyabandiyah dan kepada seluruh ahli Thariqah, khususnya kepada ruhnya pemimpin para wali, wali ghauts tertinggi, patok alam, tuan guru yang menghidupkan agama, yakni Syekh Abdul Qodir Al-Jaylani, dan tuan syekh Abil Qosim Junaydi Al Baghdadi dan tuan syekh Ma’ruf Al-Karkhi dan tuan syekh Sarri Saqathi dan tuan syekh Habibil ‘Ajami dan tuan syekh Hasan Bashri dan tuan syekh Ja’far Shodiq dan tuan syekh Yusuf Al-Hamdani dan tuan syekh Abu Yazid Al-Busthomi dan tuan syekh Syah Bahauddin An-Naqsyabandi dan kepada Imam Robbani dan kepada kepada guru kita yang mulia Syekh ‘Abdulloh Mubarok bin Nur Muhammad dan kepada guru kita yang mulia Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul ‘Arifin dan kepada para ayahnya terus ke atas dan para putranya terus ke bawah dan para rantai silsilahnya dan orang-orang yang bertabarruk dari mereka. Segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)

ثُـمَّ إِلٰى اَرْوَاحِ وَالِدِيْنَا وَوَالِدِيْكُمْ وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِكُمْ وَاَمْوَاتِنَا وَاَمْوَاتِكُمْ وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ لَهٗ حَقٌّ عَلَيْنَا َوَلِمَنْ اَوْصَانَا وَاسْتَوْصَانَا وَقَلَّدَنَا عِنْدَكَ بِدُعَاءِ الْخَيْرِ شَيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ilā arwāhi wālidīnā wa wālidīkum wa masyāikhinā wa masyāikhikum wa amwātinā wa amwātikum, waliman ahsana ilainā walimal lahū haqqun ‘alainā, waliman awshānā wastaushānā waqalladanā ‘indaka bidu’ā-il khair, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada para arwah orang tua kami dan orang tua anda, para guru kami dan guru anda, kepada mereka yang telah meninggal dunia dari pihak kami dan pihak anda, dan orang-orang yang menjadi tanggungan kita, dan kepada mereka yang telah berwasiat kepada kita dan juga yang meminta wasiat dari kita, dan mereka yang mengikuti kita di jalan Tuhan dengan do’a yang baik. Segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)

ثُـمَّ إِلٰى اَرْوَاحِ جَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْـنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْـلِمِيْنَ وَالْمُسْـلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهـُمْ وَالْأَمْوَاتِ مِنْ مَشَـارِقِ الْأَرْضِ إِلٰى مَغَارِبِـهَا وَمِنْ يَّمِيْـنِهَا إِلٰى شِمَـالِـهَا وَمِنْ قَافٍ إِلٰى قَافٍ مِّنْ وَلَدِ اٰدَمَ إِلٰى يَوْمِ الْقِيَـامَـةِ شَـيْءٌ لِلّٰهِ لَـهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ilā arwāhi jamī’il mu’minīna wal mu’mināti wal muslimīna wal muslimātil ahyā-i minhum wal amwāti min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā wamin yamīnihā ilā syimālihâ, wamin qāfin ilā qāfim miw waladi ādama ilā yaumil qiyāmati, syai-ul lillāhi lahumul fātihah
(Semoga disampaikan kepada saudara kami yang seiman baik pria maupun wanita seluruh umat Islam baik pria maupun wanita, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia dari belahan timur bumi maupun belahan baratnya, dari kanan ke kiri, dari gunung Qof ke gunung Qof sejak putra Nabi Adam sampai hari kiamat. Segala perkara milik Allah untuk mereka, Al-Faatihah)

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّـدِالنَّبِـيِّ اْلأُمِّـيِّ وَعَلٰى اٰلِـهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّمْ (×١٠٠)

Allāhumma shalli ‘alā sayyidinā Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallim. (3/100 x)

(Ya Allah, curahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, Nabi yang ummi, dan juga kepada keluarganya dan para sahabatnya)

 C.    Pengertian Manakib

Manakib bisa diartikan “riwayat hidup’ yang berhubungan dengan sejarah kehidupan orang-orang besar, atau tokoh-tokoh penting, seperti biodata tentang kelahiranya, silsilah keturunannya, kegiatan dan langkah perjuangannya, guru-gurunya, sifat-sifatnya, serta akhlak keperibadianya. Dalam kamus Al-Munjid diartikan :

“Maa ‘urifa bihii minal-khishoolil hamiidati, wal-akhlaaqil jamiilati:.

Artinya : “Apa yang diketahui pda manusia, tentang budi pekertinya yang terpuji dan akhlaknya yang baik”

Membaca, mengkaji, membahas, dan memperingati yang mempunyai manakib (riwayat hidup) dalam istilah umum di artikan, dan disebut manakib.

Sejarah Perkembangan Manakib/Manakiban

Manaqib, manakiban sudah berkembang sejak perkembangannya Dinul Islam baik di masa sebelum nabi Muhammad SAW. ataupun sesudah wafatnya, dan secara jelas sudah diterangkan dalam Al-qur’an dan sunnah Rasulullah SAW. Sejarah perkembangan manaqib, manaqiban di Indonesia dimulai sejak perkembangan Islam di Indonesia terutama di pulau Jawa telah digerakkan oleh para juru dakwah, para mubalig Islam yang dipimpin oleh Wali Songo. Mereka mengajarkan kepada masyarakat Islam tentang ilmu Tasawuf dan pengalamannya Thorekat Mu’tabaroh, diantaranya manaqiban dan amalan-amalan lainnya. Manakib, manakiban ternyata berjalan dan berkembang terus sampai sekarang, bahkan oleh masyarakat Islam hal tersebut dijadikan sebagai sarana dakwah islamiyah.

Hukum Membaca, Mendengarkan, dan Memperingati Manakiban

Membaca dan mendengarkan manakiban, mempelajari atau mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan riwayat hidup seseorang atau tokoh-tokoh sahabat Nabi Muhammad SAW., para Ulama Tabi’in, Ulama Mujtahidin para waliyullah dan lain-lainnya dengan tujuan untuk dipetik dan dijadikan pelajaran dan contoh unsur keteladanannya yang baik, adalah sangat besar faedahnya dan termasuk yang dianjurkan agama, sebagaimana difirmankan dalam Al-qur’an: “Laqod kaana fii qoshoshihim ‘ibrotul li ulil-albaab”

Artinya : “Sungguh pada kisah mereka adalah mengandung suri tauladan bagi orang yang berakal” (QS Yusuf 11)

Memperhatikan struktur analisis tersebut, hukum melaksanakan manaqiban seperti tersebut di atas diiringi rasa cinta serta mengharap barokah syafaat hukumnya Sunnah, sebagaimana termaktub dalam kitab Tabahirotul fashilin’an ushulihin washilin,

“Mustahabbun kahubbil ‘ulamaa-I wash-shulahaa-I walmujtahidiina liakhlaakihimul hamiidati wa kamaalaatihimus-saniyyati wa aushoofihimul jamiilati rojaa-a min syafaa’atihim wa madadihim”

Artinya : “Hukumnya sunat, sebagaimana cinta pada akhlak para ulama, para sholihin, para mujtahidin yang terpuji derajatnya yang luhur dan sifat-sifatnya yang baik, serta mengharap syafaat dan barokah dari padanya.

Maksud dan Tujuan Upacara Manakiban

Pada umumnya masyarakat Islam dan para Ikhwan Thorekat Qodiriyah Naqsabandiyah, sasaran yang ingin dicapai dalam melaksanakan manaqiban itu tiada lain semata-mata:

Pertama: Mengharap rahmat Allah, keberkahan, serta kifarat dosa sebagaimana sabda Rasululloh SAW.

“Dzikrush-shoolihiina kaffaarotun ‘anid-dzunuubi wa’inda dzikrushsolihiina tanzulur-rohmatu wa tahshulul-barokaatu”

Artinya: “Memperingati orang-orang Saleh akan memperoleh kifarat dosa dan pada peringatan tersebut akan turun rahmat dan memperoleh barokah”.

Kedua : Mengembangkan dan melestarikan pengamalan Thorekat Qodiriyah Naqsabandiyah sebagai salah satu jalan untuk mendapat ridho Allah, kasih sayang Allah dan mengenal lebih dekat kepada Allah.

Ketiga : Ingin tercapai/terwujudnya insan hamba Allah yang beriman, bertakwa, beramal saleh dan berakhlak karimah sufiah.

Keempat : mencontoh, mengikuti jejak-jejak langkah yang dekat dalam kurung (taqorrub) kepada Allah, diantaranya para waliyulloh.

“Wattabi’ sabiila man anaaba ilayya”

Artinya : “Dan hendaklah kamu mengikuti jalan orang-orang yang sudah kembali (tobat) kepada-Ku” (QS lukman.15)

Kelima : Merasa cinta (mahabbah) tutup kurung dan menghormati keturunan (dzurriyah) dan syekh Abdul Qodir adalah keturunan dari Rasulullah SAW.

Oleh sebab itu, barang siapa mencintai wali sama halnya dengan mencintai nabi Muhammad SAW., namun sebaliknya, barang siapa yang membenci wali, sama halnya dengan membenci Nabi Muhammad SAW., dan barangsiapa yang anti kepada manakibnya wali, sebenarnya ia telah menentang perang kepada Allah. Nabi bersabda:

“Man ‘aadaa lii waliyyan faqod aadzantuhu bil-harbi”

Artinya : “Barang siapa yang memusuhi waliku, maka aku izinkan perang padanya”.

Ruang Lingkup Manakib

Ruang lingkup manakib atau kedudukan manakib meliputi tiga aspek yakni sebagai berikut.

1        Riwayat (tarikh atau kisah nyata)

2        Karomah (keramat, kehormatan, kemuliaan dari Alloh SWT.)

3        Wasiat

D.    Pengertian Ziarah

Ziarah menurut bahasa berasal dari akar kata zaara – yazuuru, ziyaaratan artinya berkunjung atau mengunjungi. Menurut istilah ziarah adalah mengunjungi tempat-tempat suci, atau berkunjung ke kepada orang-orang salih, para nabi, para wali, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dengan niat karena Allah.

Tujuan Ziarah, antara lain :

1)      Mengingatkan kita akan kematian.

2)      Mengambil pelajaran (‘ibrah) dari kehidupan manusia-manusia salih (salihin).

3)      Mendo’akan kepada arwah mukminin yang sudah meninggal mendahului kita.

4)      Attabarruk.

 

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Inti ajaran TQN adalah Muraqabah artinya mendekatkan diri ke-pada Allah dengan ajaran berbagai amalan dan Riyadhah; yang paling prinsip adalah dengan cara berzikir, sebagaimana sabda Imam Ali: “Cara terbaik dan tercepat untuk sampai kepada Allah adalah zikrullah.” Secara skema, sanad dan silsilah TQN dapat dilihat dalam rajah berikut:

1.      Allah swt

2.      Jibril ‘alaihissalam

3.      Muhammad saw

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://sylviapurbaningrum.blogspot.com/2011/02/tqn-pondok-pesantren-suryalaya.html

https://dokumenpemudatqn.blogspot.com/2023/01/khataman-tqn-ppsuryalaya.html

https://tqnnews.com/kekuatan-dzikir-khataman-dan-manaqiban/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar