LAPORAN PRAKTIKUM PENGEMBANGAN PROFESI (PPP) DI ERAFONE MEGASTORE TASIKMALAYA

 

 

 

 

 

LAPORAN

PRAKTIKUM PENGEMBANGAN PROFESI (PPP)

DI ERAFONE MEGASTORE TASIKMALAYA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH :

 


 

…………..

 

EKONOMI SYARIAH

 

 

 

 

 

FAKULTAS SYARIAH

 

INSTITUT AGAMA ISLAM LATIFAH MUBAROKIYAH

 

PONDOK PESANTREN SURYALAYA

 

2022/2023


 

 

 

 

LEMBAR PERSETUJUAN

 

LAPORAN

 

 

PRAKTIKUM PENGEMBANGAN PROFESI (PPP)

 

DI ERAFONE MEGASTORE TASIKMALAYA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH :

 


 

……………..

 

EKONOMI SYARIAH

 

 

 

Telah diperiksa dan memenuhi syarat untuk dinilai, dan dapat dikeluarkan nilai akhir (kumulatif) untuk PPP.

 

Mengetahui                                                                Menyetujui

 

Ketua Prodi,                                                     Dosen Pembimbing,


 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

 

 

A. Latar Belakang

 

 “PT. Erafone Artha Retailindo”. Retailindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang retail Handphone, yang merupakan anak perusahaan dari Erajaya Group. Didirikan pada Agustus 2002, Erafone memulai bisnisnya dengan menjadi distributor resmi Handphone dan aksesoris Nokia. Di tahun 2004, berkembang lagi menjadi distributor resmi Sony Ericsson dan kemudian Samsung.Erafone berkomitmen untuk terus melakukan inovasi yang berkesinambungan guna memenuhi permintaan pasar Indonesia dengan menyediakan pelayanan yang profesional, berkualitas dan penuh nilai lebih. Saat ini Erafone memiliki 230+ outlet dan 18 kantor cabang di lokasi strategis di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di seluruh nusantara.

Dihubungkan dengan mata kuliah yang disajikan di Fakultas Syariah, program ini merupakan sebuah timbangan yang akan memberi gambaran bagaimana mahasiswa merefleksikan semua pengetahuan yang diterima, dikumpulkan dan diolahnya bersama para dosen selama beberapa semester. Program ini tidak hanya berkaitan dengan penggunaan pengetahuan syariah atau muamalah saja, tetapi berkaitan pula dengan pyaralaman bagaimana peserta PPP dapar melaksanakan. kegiatan ini dengan menunjukkan dirinya sebagai mahasiswa yang telah menerima didikan akhlak yang baik di dunia usaha. Dengan demikian, para peserta PPP sangat diharapkan mampu menunjukkan bahwa ia adalah mahasiswa IAILM yang mengembangkan ilmu dan amal secara seimbang.

 

Program ini secara khusus diarahkan agar mahasiswa mampu memperdalam pengetahuan yang termasuk bidang Mata Kuliah Keahlian (MKK). Oleh karena itu, program ini dilaksanakan di tempat-tempat yang memiliki relevansi dengan kompetensi mahasiswa diantaranya lembaga keuangan syariah maupun konvensional, kantor Urusan Agama (KUA), pengadilan Agama, lembaga Perdesaan, dan lembaga lainnya.

 

Hasil akhir dari pelaksanaan program ini diharapkan dapat meniadi bahan kajian dan pengembangan bagi Fakultas Syariah IAILM Suryalaya Tasikmalaya dan para dosen yang mengasuh mata kuliah keahlian. Oleh karena itu, para peserta PPP diharapkan untuk mempelajari buku pedoman ini agar tujuan dan manfaatnya dapat dipetik dan meniadi masukan berarti bagi semua pihak.

 

B. Landasan Hukum

 

Pelaksanaan PPP Fakultas Syariah IAILM Suryalaya Tasikmalaya Tahun 2022/2023 merujuk kepada peraturan perundang-undangan sebagai berikut, yaitu :

 

1.    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78);

 

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Perguruan Tinggi;

 

3.    Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor F/52/1995 Tentang Topik Inti Kurikulum Nasional;

 

4.    Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005, Tentang Standar Pendidikan Nasional;

 

5.    SK Dirjrn Diktis Nomor: Dj.I/1470/2011 Tanggal 27 Oktober 2011 Tentang Izin Penyelenggaraan Prodi Muamalah;

 

6.    SK BAN-PT Nomor: 416/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 Tanggal 11 Oktober 2014 Tentang Status Akreditasi Prodi Muamalah;

 

7.    SK Dirjen Diktis Nomor: Dj.l/1874/2011 Tanggal 28 Desember 2011 Tentang Izin Penyelenggaraan Prodi Ekonomi Syariah;

 

8.    SK BAN-PT Nomor: 039/SK/BAN-PT/Akred/S/11/2015 Tanggal 7 Februari 2015 Tentang Status Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah;

 

9.    SK Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Nomor: SKEP-048/YSB-PPS/A.3/XI/2016 tentang Pengangkatan dan Pengukuhan Rektor Masa Khidmat 2021-2025;

 

10.     SK Rektor IAILM Suryalaya Nomor : 54 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Pimpinan dan Karyawan Masa Khidmat 2021-2025; dan

 

11.     Rapat Pimpinan Fakultas Syariah IAILM Suryalaya tanggal 01 November 2022.

 

C. Tujuan Praktikum Pengembangan Profesi (PPP)

 

1. Tujuan Umum :

 

Memberikan kesempatan berpengalaman memasuki dan menjalani dunia praktik kerja di lingkungan lembaga Perbankan dan atau Peradilan. Atau melakukan observasi terhadap lembaga tempat pelaksanaan praktikum dengan fokus operasional pada lembaga-lembaga tersebut.

 

2.    Tujuan Khusus :

 

a.    Mempersiapkan peserta PPP sebagai praktisi hukum dan ahli ekonomi syariah yang kompeten dan profesional di lembaga peradilan, lembaga eksckutif, lembaga legislatif, lembaga negara non-kementerian dan lembaga pendidikan non-formal, lembaga keuangan syariah maupun lembaga keuangan konvensional;

 

b.    Meningkatkan kemampuan dan keterampilan dibidang penelitian bagi peserta PPP dalam melakukan identifikasi berbagai masalah dalam bidang hukum Islam, hukum ekonomi syariah, dan kajian ekonomi syariah yang dapat ditemui di lembaga profesi maupun masyarakat sekitar;

 

c.    Mewujudkan kerja sama yang harmonis antara Fakultas Syariah IAILM Suryalaya Tasikmalaya dengan Lembaga profesi di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi baik bagi Peserta PPP maupun alumni.

 

 

D.  Manfaat Praktikum Pengembangan Profesi (PPP)

 

1.    Bagi Lembaga mitra profesi tempat pelaksanaan PPP:

 

a.    Realisasi dan adanya misi sebagai fungsi dan tanggung jawab sosial kelembagaan.

 

b.    Kemungkinan menjalin hubungan yang teratur, schat, dan dinamis antara intansi dengan Lembaga Perguruan Tinggi.

 

c.    Menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang terlibat.

 

 

2.    Bagi Mahasiswa:

 

a.    Melatih keterampilan mahasiswa sesuai dengan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di Fakultas Syariah IAILM Suryalaya Tasikmalaya.

 

b.    Belajar mengenal dinamika dan kondisi nyata dunia kerja, baik dalam lingkungan pemerintah maupun swasta.

 

c.    Mengembangkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dan mencoba menemukan sesuatu yang baru yang belum diperoleh dari pendidikan formal.

 

d.   Bagi Program Studi di lingkungan Fakultas Syariah IAILM Suryalaya Tasikmalaya:

 

Mendapatkan umpan balik (feedback) untuk dapat menyempurnakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan di lingkungan instansi, lembaga mitra dan tuntutan pembangunan pada umumnya. Dengan demikian Fakultas Syariah IAILM Suryalaya Tasikmalaya dapat mewujudkan konsep link and match dalam meningkatkan kualitas layanan pada stakeholders.

 

 

E. Tempat dan Waktu Praktikum Pengembangan Profesi (PPP)

 

1. Tempat

 

Praktikum Pengembangan Profesi ini dilaksanakan di PT. Erafone Artha Retailindo cabang Tasikmalya Jl. Nagarawangi No.46, Nagarawangi, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat 46126

2. Waktu

 

Praktikum Pengembangan Profesi ini dilakukan pada tanggal 1 Februari 2023 sampai dengan 31 Maret 2023.


 

 

 

 

BAB II

TINJAUAN UMUM INSTANSI

 

 

 

A. Sejarah Perusahaan

 

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) mulai menjalankan kegiatan bisnisnya pada 8 Oktober 1996 p;eh Nudiarto Halim dengan akta pendirian No.7 di notaris Myra Yuwono. Perusahaan ini lalu disahkan oleh Menteri Kehakiman pada tahun 1997. Berkantor pusat di Jl. Gedong Panjang No. 29-31, Jakarta, Indonesia, perusahaan memiliki 1,682 gerai di 89 lokasi distribusi tersebar di Malaysia, Indonesia dan Singapura.

ERAA mengakuisisi Teletama Artha Mandiri di tahun 2011. Hal ini membuat perusahaan memperoleh keuntungan sebesar 300%. Di akhir tahunnya, ERAA mengubah statusnya sebagai perusahaan terbuka dan membangun 8 outlet dengan nama Erafone Megastore yang tersebar di wilayah Indonesia.

Melalui Data Citra Mandiri, perusahaan mengakuisisi iBox atau perusahaan ritel produk Apple. Di tahun yang sama, Erajaya Swasembada menghadirkan toko online bernama erafone.com. Setahun kemudian, perusahaan memiliki jumlah saham penjualan sebanyak 32%. Perusahaan melebarkan sayapnya dengan melakukan kegiatan ekspansi di seluruh wilayah Indonesia. 88 pusat distribusi serta 423 pusat ritel di 17 provinsi di Indonesia mulai menjalankan kegiatan usahanya pada bulan Juni 2013. Kegiatan ini berhasil mendapatkan 18.000 reseller atau penjual pihak ketiga. Kerjasama dilakukan dengan perusahaan Apple, Acer, BlackBerry, Huawei, Asus Dell, Lenovo, HTC, Nokia, Motorola, LG, Samsung serta Sony.

Di tahun 2020, perusahaan membuka 8 outlet Erajaya Retail Group yakni iBox, Erafone, Huawei Experience Store, Toko Indosat Ooredoo, Samsung Experience Store by NASA di kota Medan dan sekitarnya. Dengan Google, Erajaya merlis Nest Mini di Indonesia sebagai smart speaker canggih yang membantu konsumen menggunakan Asisten Google.

Kemudian, melalui Erajaya Retail Group, perusahaan menghadirkan produk mobile selling dan express, pelayanan home delivery service dari gerai terdekat. Hal ini memudahkan para konsumen menerima produk pesanannya dengan mudah dan cepat. Salah satu grup usahanya yaitu PT Data Citra Mandiri berhasil membuka iBox Official Shop di Shopee.

Erafone merupakan anak usaha dari PT Erajaya Swasembada Tbk, yang telah berdiri sejak tahun 1996 dan Sejak tahun 2012 PT Erajaya listing di BEI menjadi perusahaan Tbk. Kami telah menjadi distributor resmi dari 11 brand ternama nasional. Kami merupakan Market Leader dalam indunstri mobile phone di Indonesia (28% market share di 2011). Selain itu kami telah hadir dengan lebih dari 150 outlet nasional.

 

 

 

 

B. Visi dan Misi

 

Visi

Menjadi mitra pilihan bagi semua prinsipal dan pelanggan perangkat bergerak (mobile products).

Misi

Menjadi perusahaan terbesar dibidang distribusi yang memiliki akses langsung kepada pelanggan retail secara terintegrasi, yang menyediakan rangkaian lengkap produk seluler dan Teknologi Informasi, layanan serta konten.

 C. Nilai-Nilai Luhur Perusahaan

-          INTEGRITAS

Jujur , akuntabilitas, dan bertanggung jawab

-          DINAMIS DAN INOVATIF

Cepat beradaptasi dan mencari solusi, kreatif

-          MENGHORMATI SESAMA

Menghargai, bekerjasama, dan lingkungan yang baik

-          ORIENTASI KEPADA PELANGGAN

Memberi pelayan terbaik demi kepuasan pelanggan

-          BELAJAR TANPA BATAS

Terus belajar untuk mengembangkan diri

D. Struktur Organisasi

 

 

 


E. Struktur Kepemilikan

 

Pemilik                       : Budiarto Halim , CEO

Bidang Usaha            : Retail

Produk                       : Retail produk dan layanan telekomunikasi

Alamat                       : Jalan Bandengan Selatan No.19 - 20, Pekojan, Tambora,

   RT.11/RW.5, Pekojan, RT.11/RW.5, Pekojan, Tambora,

   Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta11240

Berdiri                        : 8-oktober-1996 – sekarang

Erajaya Swasembada (PT. Erajaya Swasembada, Tbk., IDX: ERAA) adalah perusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik yang berhubungan dengan telekomunikasi seperti handset, kartu SIM, kartu voucher prabayar, aksesoris, komputer, dan segala jenis gadget elektronik. Presiden Direktur ERAA terakhir hingga pada tahun 2015 adalah Budiarto Halim. Berkat kepemilikannya mengenai empat anak perusahaannya Erafone Artha Retailindo, Sinar Eka Selaras, Era Sukses Abadi, dan Teletama Artha Mandiri (TAM), ERAA disebut juga Erajaya Group Pemegang saham utama perusahaan ini adalah Eralink International dengan besaran 59.97%.


 

F.   Tata Kelola Perusahaan

 

Seiring dengan pertumbuhan Erajaya yang pesat, Erajaya sadar akan pentingnya penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance – “GCG”), yaitu Transparasi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, dan Kewajaran dalam setiap kegiatan operasional Perusahaan. Karenanya Dewan komisaris bersama-sama dengan Direksi telah menyusun Kebijakan Tata Kelola Perusahaan Erajaya sebagai pedoman bagi Dewan Komisaris dan Direksi dalam menjalankan kegiatan operasonal Perusahaan dan mengambil keputusan. 

Penyusunan Kebijakan Tata Kelola Perusahaan Erajaya bertujuan untuk memaksimalkan nilai Perusahaan bagi pemegang saham dengan menerapkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, pertanggung jawaban, menghindari terjadinya dominasi oleh pihak manapun, bebas dari benturan kepentingan tertentu agar tercipta obyektivitas dalam pengambilan keputusan sehingga perusahaan dapat dipercaya dan memiliki daya saing.

Kebijakan Tata Kelola Perusahaan mendorong pengelolaan Perusahaan secara profesional, transparan dan efisien, serta mendorong agar Pemegang Saham, Dewan Komisaris, dan Direksi memiliki landasan NILAI moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap perundang-undangan dalam membuat keputusan.

G.      ASPEK PEMASARAN

1.      Produk

Erajaya Group mendistribusikan produk-produk dan layanan telekomunikasi selular yang mencakup telepon selular, smartphone, tablet, kartu SIM perdana, voucher isi ulang, aksesoris, dan produk-produk Teknologi Informasi serta layanan pendukung lainnya. Erajaya Group juga unggul dalam layanan  e-commerce bagi konsumen ritel pengguna berbasis online, dan juga penjualan corporate.  Erajaya Group terus menjaga hubungan kemitraan yang baik dengan prinsipal merek-merek global penyedia perangkat telekomunikasi, meliputi Acer, Apple, Asus, BlackBerry, Dell, HTC, Huawei, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Samsung, Sony, dan Xiaomi. 

2.      Distribusi (place)

Jaringan distribusi Erajaya group menjangkau seluruh pasar utamadi Indonesia termasuk pasar yang cenderung lebih mapan di wilayah Indonesia Barat seperti Pulau Jawa, Sumatera dan Bali, maupun pasar yang masih berkembang seperti wilayah Indonesia Timur, Sulawesi, Kalimantan dan Papua

3.      Promosi (Promotion)

Dalam mempromosikan perusahaannya, Erajaya Group menggunakan metode ‘up-selling’ dan ‘cross-selling’ diperkirakan dengan metode ini, perusahaan dapat lebih meningkatkan daya tarik jaringan distribusi Erajaya Group bagi prinsipal merek ketika prinsipal ingin menawarkan paket produk yang lebih komprehensif kepada pelanggan. Dengan kata lain perusahaan ini ingin meningkatkan daya tarik perusahaannya supaya prinsipal lebih tertarik dan percaya  dalam mendistribusikan produk mereka .

4.      Harga (price)

Sebagai distributor yang besar di indonesia, perusahaan ini memberikan harga yang normal sesuai dengan standar harga di pasar internasional. Hal ini bertujuan untuk menarik minat konsumen karena harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas dan merek dari produk yang bersangkutan.

 


 

 

 

 

BAB III

 

LANDASAN TEORI DAN PEMBAHASAN

 

 

A. Syarat Kredit Hp Erafone

 

·         Memiliki kartu kredit, atau

·         Memiliki akun paylater

·         Memiliki limit saldo sejumlah harga Hp yang dibeli

 

Erafone adalah retailer atau toko HP dan bukan perusahaan keuangan. Itu artinya pastikan datang berkunjung setelah memiliki alat pembayaran untuk kredit karena tidak bisa mendaftar mendadak disana. Namun khusus untuk paylater terkadang ada beberapa agen dari penyedia paylater (semacam sales) yang siap membantu proses pendaftaran. Tapi kondisi ini tidak selalu ada di setiap gerai maka sebaiknya melakukan pendaftaran paylater secara mandiri atau sebelum melakukan transaksi.

Paylater dan cicilan yang bekerjasama. Ada 3 layanan paylater yang bekerjasama dengan Erafone. bisa membeli Hp di Erafone dan membayarnya dengan menggunakan salah satu dari akun paylater tersebut. diantaranya :

1.      Kredivo

Kredivo menjadi layanan paylater pertama yang bekerjasama dengan Erafone. Mereka sudah memulai kerjasama tersebut sejak 2019 lalu. Kelebihan Kredivo dibanding paylater lain adalah bisa digunakan secara online dan offline. Jadi kamu bisa membeli Hp nya melalui website Erafone atau datang ke gerainya langsung.

2.      Akulaku

Dari segi usia, Akulaku ini senior dibanding lainnya. Namun memang jumlah merchant yang bekerjasama masih dalam hitungan jari. Erafone sendiri baru masuk masuk dua tahun belakangan. Akulaku memiliki jumlah pengguna yang paling banyak dikarenakan syarat dan proses pendaftarannya yang mudah. Belum punya akun Akulaku? Kamu bisa mendaftar melalui link referensi disini : Daftar VIP.

3.      Indodana

Indodana ini paling junior dan paling belakangan menjalin kerjasama dengan Erafone. Krediblog sendiri terkejut mengetahui ternyata Indodana bisa digunakan untuk membayar di Erafone. Informasi ini didapatkan pada bagian metode pembayaran di website Erafone.

 

 

 

B. Tugas Karyawan Erafone

 

Sebagai seorang sales di Erafone, tugas Anda akan melibatkan berbagai aktivitas yang berfokus pada penjualan produk telekomunikasi dan teknologi.

Berikut ini beberapa tugas yang mungkin dilakukan sebagai seorang sales di Erafone:

·         Melayani Pelanggan: Sales akan bertugas melayani pelanggan yang datang ke gerai ritel Erafone atau yang menghubungi melalui saluran komunikasi lainnya. Sales perlu memberikan informasi tentang produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan membantu mereka menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

·     Penjualan Produk: Tugas utama Sales adalah melakukan penjualan produk-produk telekomunikasi dan teknologi, seperti ponsel, tablet, aksesoris, dan layanan terkait lainnya. Sales perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang produk-produk yang dijual, fitur-fitur mereka, dan perbedaan antara berbagai model.

·         Pengaturan Produk dan Penempatan Barang: Sales perlu memastikan bahwa produk dipajang dengan baik di toko dan penempatan barang yang strategis untuk meningkatkan daya tarik dan kemudahan akses pelanggan.

·         Promosi dan Penawaran Khusus: Sales akan bertanggung jawab untuk mempromosikan penawaran khusus, diskon, atau program loyalitas kepada pelanggan. Ini bisa melibatkan membuat display promosi di toko, memberikan informasi kepada pelanggan tentang penawaran terbaru, atau mengatur event promosi di toko.

·         Pelayanan Purna Jual: Setelah pelanggan melakukan pembelian, Sales juga akan bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan purna jual, seperti membantu pelanggan dengan klaim garansi, memberikan panduan penggunaan produk, atau memberikan bantuan teknis jika diperlukan.

·         Melakukan Pelaporan: Sales mungkin juga diminta untuk melakukan pelaporan penjualan, stok barang, dan aktivitas penjualan lainnya kepada manajemen atau departemen terkait.

·         Pelatihan Produk: Sebagai sales juga perlu terus memperbaharui pengetahuan tentang produk dan teknologi terbaru. Sales mungkin akan menerima pelatihan reguler tentang produk-produk baru yang diperkenalkan di pasar.

Selain tugas-tugas tersebut, sebagai seorang sales di Erafone, Sales juga diharapkan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan bernegosiasi, serta orientasi yang kuat pada pelayanan pelanggan untuk mencapai target penjualan dan mempertahankan kepuasan pelanggan.


 

/

 

 

BAB IV

 

PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK KEAHLIAN

 

A. Bidang Kerja

 

Dalam melaksanakan PPP peserta Praktikum mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang Elektronik  yang menjual atau mengkreditkan Barang dengan syarat custumer memiliki saldo Paylater. Selain itu peserta Praktikum juga dilatih untuk meningkatkan kedisiplinan serta tanggungjawab dalam melakukan pekerjaan yang diberikan.

 

B.   Pelaksanaan

 

1.         Mengisi Formulir Pengajuan Kredit

 

2.         Arsipkan UKEL (Uang Kelebihan)

 

3.         Menginput data pengambilan barang seperti Handphone

 

4.         Menggadandakan fomulir pengajuan kredit

 

5.         Mengarsip kan dokumen

 

BAB V

 

PENUTUP

 

 

A. Kesimpulan

 

Merujuk pada kegiatan yang telah peserta Praktikum lakukan selama melaksanakan Praktikum Praktikum Pengembangan Profesi (PPP) di Erafone Megastore Tasikmalaya, maka peserta Praktikum menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

 

1.    Program Praktik Keahlian dapat memberikan berbagai pengalaman dan pengetahuan kepada peserta Praktikum mengenai dunia kerja.

 

2.    Program Praktik Keahlian dapat membentuk sikap disiplin dan bertanggung jawab atas tugas dan pekerjaan guna menjadi tenaga kerja yang profesional.

 

3.    Lebih mengetahui mengenai tata kerja pencatatan / pembukuan keuangan.

 

 B. Saran

 

Melalui laporan program praktik keahlian ini, peserta praktikum bermaksud untuk memberikan saran berdasarkan pengalaman yang peserta praktikum peroleh selama melakukan program praktik keahlian di Pegadaian UPC Ciamis. Maka, peserta praktikum menyampaikan beberapa saran yang diharapkan berguna bagi peningkatan kualitas untuk lembaga, institusi dan mahasiswa :

 

1.    Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Syariah IAILM Suryalaya

 

a.    Sebelum melaksanakan program praktik keahlian, mahasiswa yang akan melakukan program praktik keahlian di harapkan terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan mengumpulkan informasi- informasi mengenai perusahaan atau instansi yang dituju sebagai tempat pelaksanaan program praktik keahlian

 b.    Mahasiwa diharapkan dapat menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang telah dimiliki selama mengikuti perkuliahan ketika melakukan program praktik keahlian.

 

c.    Mahasiswa harus disiplin dalam melakukan praktikum baik dalam kehadiran maupun dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

 

d.   Mahasiswa harus teliti dalam melaksankan tugas yang diberikan serta harus dapat bekerja sama dengan peserta praktik keahlian lainnya.

 

 

2.    Bagi Institusi :

 

a.    Diharapkan pihak kampus dapat memberikan tempat Program Praktik Keahlian yang sesuai dengan program studi Mahasiswa.

 

b.    Pihak kampus diharapkan dapat memberikan informasi terkait institusi-institusi tempat Program Praktik Keahlian.

 

c.    Diharapkan pihak kampus memberikan pengarahan atau bimbingan yang lebih baik lagi selama masa Program Praktik Keahlian berjalan.

 

d.   Diharapkan pihak kampus melakukan pemantauan secara berkala dalam pelaksanaan Program Praktik Keahlian yang dilakukan oleh Mahasiswa, sehingga para mahasiswa yang sedang melaksanakan Program Praktik Keahlian dapat melaksanakan Program Praktik Keahlian dengan baik.