MAKALAH INOVASI DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI DI PT. PERTAMINA

 

 

MAKALAH

INOVASI DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI

 DI PT. PERTAMINA

Diajukan untuk memenuhi salah satu Tugas Mata Kuliah

 Inovasi & Analisa Pengembangan Organisasi

Dosen :  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Disusun oleh :

 

Nama         

NPM           :

Kelas          

 

 

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH SURYALAYA TASIKMALAYA

2025


KATA PENGANTAR

  Puji Syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, rahmat, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Analisis Pengembangan Organisasi Pada PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) Persero”

Kemampuan penulis yang terbatas membuat penulis menyadari banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangatlah penulis harapkan sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan dalam penulisan karya ilmiah selanjutnya. Penulis berhadap makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca umumnya, serta semoga dapat menjadi informasi yang berguna.

Akhir kata, penulis ucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan dari para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tasikmalaya, 03 Januari 2025

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 



BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

 

Suatu organisasi berdiri berlandaskan dengan tujuan dan sasaran yang hendak dicapainya. Dalam mencapai tujuan tersebut sarana yang dilakukan oleh organisasi ialah melalui pengembangan organisasi. Banyak perubahan-perubahan serta upaya yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam mengembangkan organisasinya sehingga senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Di masa kini, perubahan begitu dinamis, kompetisi semakin ketat, serta terjadi relovusi dan transformasi organisasi. Organisasi menghadapi berbagai tantangan baik yang berasal dari dalam organisasi maupun berasal dari lingkungan yang merupakan penyebab organisasi harus dirubah (Sutarto 2002, 414). Organisasi harus melakukan lebih banyak hal dengan sumberdaya yang lebih sedikit dan melakukan segala hal dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih cerdas. Saat ini, organisasi yang mampu beradaptasi terhadap perubahanlah yang mampu berkembang.

Pada dasarnya, upaya perubahan yang dilakukan suatu organisasi merupakan aplikasi dan pengalihan pengetahuan ilmu perilaku yang mencakup seluruh sistem terhadap pengembangan, perbaikan/peningkatan, dan penguatan yang direncanakan terhadap strategi, struktur dan proses yang membawa kepada keefektifan organisasi. Secara luas, pengembangan organisasi adalah sebuah sistem aplikasi yang luas dan pengalihan ilmu pengetahuan mengenai perilaku ke dalam rencana peningkatan, pengembangan, serta penguatan struktur, proses, dan strategi yang mengarah pada efektivitas organisasi (Hardiansyah, et al. 2019, 43) Tujuan pengembangan organisasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas organisasi ini dimaknai sebagai pencapaian sasaran dan tujuan organisasi. (Kaswan 2019, 82)


 

1.2  Rumusan Masalah

 

Berdasarkan     latar      belakang      yang     telah      diuraikan,     maka     penulis mengidentifikasikan permasalahan sebagai berikut:

1.      Bagaimana Pengembangan Organisasi pada PT. Kereta Api Indonesia Persero?

2.      Bagaimana Hambatan Dalam Proses Pengembangan Organisasi pada PT. Kereta Api Indonesia Persero?

1.3  Tujuan Penelitian

 

Tujuan dari penelitian ini diantaranya sebagai berikut:

1.      Untuk mengetahui bagaimana Upaya Pengembangan Organisasi pada PT. Kereta Api Indonesia Persero

2.      Untuk   mengetahui     bagaimana     hambatan     dalam    Upaya Pengembangan Organisasi pada PT. Kereta Api Indonesia Persero

1.4  Manfaat Penelitian

 

Berdasarkan permasalahan yang menjadi fokus penelitian dan tujuan yang ingin dicapai, maka penelitian ini diharapkan memberikan manfaat antara lain :

1.      Secara Akademis

Kegunaan penelitian ini secara akademis diharapkan dapat memberikan manfaat bagi akademisi atau pihak-pihak yang berkompeten dalam pencarian informasi, memberikan sumbangan pemikiran atau referensi bagi penelitian selanjutnya.

2.      Secara Praktis

Kegunaan penelitian ini secara praktis diharapkan dapat memberikan masukan pada pihak-pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan Strategi Pengembangan Organisasi Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero)


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1  Teori Organisasi

2.1.1        Pengertian Organisasi

 

Organisasi dapat dikatakan sebagai alat untuk mencapai tujuan, oleh karna itu organisasi dapat dikatakan wadah kegiatan dari pada orang-orang yang bekerjasama dalam usahanya untuk mencapai tujuan. Di kegiatan itu orang-orang harus jelas tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, hubungan dan tata kerjanya. Pengertian yang demikian disebut organisasi yang “statis”, karena sekedar hanya melihat dari strukturnya. Di samping itu terdapat pengertian organisasi yang bersifat “Dinamis". Pengertian ini organisasi dilihat dari pada sudut dinamikanya, aktivitas atau tindakan dari pada tata hubungan yang terjadi di dalam organisasi itu, baik yang bersifat formal maupun informal.

Menurut Pengertian organisasi menurut (Hasibuan 2013, 24) adalah “suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkooordinasi dari kelompok orang yang bekerjasama dalam mencapai tujuan tertentu”. Adapun menurut Siagian (1993:3), mendefinisikan bahwa Organisasi adalah setiap bentuk perserikatan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk tujuan bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan, dimana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang lain yang disebut bawahan.

 

2.1.2        Prinsip Organisasi

Prinsip-prinsip organisasi sering disebut dengan azas-azas organisasi. Prinsip atau azas merupakan dasar, pondasi, atau suatu kebenaran yang menjadi pokok atau tumpuan berpikir. Prinsip-prinsip organisasi adalah pondasi yang menjadi pokok dasar atau yang menjadi pangkal-tolak di


dalam menggerakkan organisasi. Oleh karena itu, organisasi dibangun dan digerakkan diatas pondasi yang berupa prinsip organisasi, dan setiap prinsip mengandung suatu kebenaran, sehingga tercapai atau tidaknya tujuan organisasi tergantung pada kemampuan pimpinan organisasi dalam melaksanakan prinsip organisasi.

Menurut P. Siagin dalam bukunya "Filsafat Administrasi" (Siagian 1980, 119) organisasi yang baik adalah suatu organisasi yang memiliki prinsip atau ciri pokok sebagai berikut :

1.      Terdapat tujuan yang jelas

2.      Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap anggota organisasi tersebut dan diterima dengan baik

3.      Adanya kesatuan perintah dan kesatuan arah

4.      Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab,

5.      Adanya pembagian tugas pekerjaan yang merata dan sesuai

6.      Susunan atau struktur organisasi harus dibuat sesederhana mungkin yaitu sesuai dengan kebutuhan dan hasil yang ingin dicapai.

7.      Pola dasar organisasi harus relatif permanen/tetap

8.      Adanya jaminan stabilitas jabatan atau pekerjaan.

9.      Pemberian balas jasa atau imbalan kepada anggota organisasi yang setimpal dengan jasa atau prestasi yang diberikan.

 

2.2  Teori Pengembangan Organisasi

Perubahan yang direncanakan termasuk dalam definisi formal pengembangan organisasi. Beckhard mendefinisikan pengembangan organisasi seagai upaya, yaitu: (1 direncanakan, (2) di seluruh organisasi, (3) dikelola dari atas, untuk (4) meningkatkan efektifitas dan kesehatan organisasi melalui (5) intervensi yang direncanakan dalam proses organisasi, menggunakan pengetahuan ilmu perilaku (Beckhard 1969). Inti dari pengembangan organisasi


adalah ilmu perilaku yang yang artinya bersifat multidisiplin. Ilmu perilaku yang berkaitan dengan pengembangan organisasi adalah psikologi, sosiologi, antropologi, dan ekonomi

Selain itu, (Bennis 1969) mengemukakan pengembangan organisasi adalah suatu jawaban terhadap perubahan, suatu strategi pendidikan yang rumit yang dimaksudkan untuk mengubah kepercayaan nilai-nilai dan struktur dari suatu organisasi, sehingga organisasi tersebut dapat lebih mampu menyesuaikan diri dengan teknologi, pasar, dan tantangan baru, serta perputaran yang sangat cepat dari perubahan itu sendiri.

 

2.3  Model Perubahan Kreitner dan Kinicki (2001)

Model yang di kemukakan oleh (Kreitner and Kinicki 2001) adalah model perubahan dengan pendekatan sistem. Dalam model perubahan ini ditawarkan kerangka kerja untuk menggambarkan kompleksitas perubahan organisasional.

Pendekatan sistem yang dikemukakan oleh Kreitner dan Kinicki meliputi komponen yang terdiri atas input, unsur-unsur yang hendaklah dirubah (target elemen of change) dan output. Berikut adalah pendekatan sistem (Kreitner and Kinicki 2001) yang merupakan kerangka kerja perubahan organisasional, yaitu:

Input

Merupakan masukan dan sebagai pendorong bagi terjadinya proses perubahan. Semua perubahan organisasional harus konsisten dengan visi, misi, dan rencana strategis. Di dalamnya terkandung unsur masukan internal dan masukan eksternal yang keduanya memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan. Kondisi masukan ini sangat mempengaruhi jalannya proses perubahan.

Target element of change

Mencerminkan elemen di dalam organisasi yang dalam proses perubahan.  Sasaran  perubahan  diarahkan  pada  pengaturan  organisasi,


penetapan tujuan, faktor sosial, metode, desain kerja, teknologi, dan aspek manusia.

Outputs

Merupakan hasil akhir yang diinginkan dari suatu perubahan. Hasil akhir ini harus konsisten dengan rencana strategik. Hasil perubahan dapat diukur pada beberapa tujuan baik pada tingkat organizational, tingkat kelompok, maupun tingkat individual.

Unsur-unsur yang hendak diubah dalam model ini meliputi diantaranya aturan organisasi, faktor sosial, metode, desain kerja, teknologi, dan aspek sumber daya manusia. Asapun yang menjadi output dan hasil akhir dalam model perubahan ini adalah perubahan di semua level organisasi, perubahan di semua level kelompok atau kelompok, dan perubahan individual.

2.3.1        Kekuatan Yang Mendorong Perubahan

Kekuatan-kekuatan lingkungan dimana organisasi mereka beroperasi secara konstan berubah dan mereka harus beradaptasi dengan perubahan- perubahan itu agar tetap survive. Perubahan-perubahan yang terjadi pada organisasi ditimbulkan oleh aneka macam kekuatan eksternal dan internal, yang sering kali berinteraksi hingga mereka saling memperkuat satu sama lainnya.

Menurut (Kreitner and Kinicki 2001) menyatakan bahwa ada dua kekuatan yang dapat mendorong munculnya kebutuhan untuk melakukan perubahan di dalam perusahaan, yaitu:

1.      Kekuatan eksternal, yaitu kekuatan yang muncul dari luar perusahaan diantaranya :

      Karakteristik demografi, yang terdiri dari usia, pendidikan, gender, dan migrasi.

      Peningkatan      teknologi,      berupa      otomatisasi      industry      dan perkantoran.

      Perubahan pasar, terdiri atas merger dan akuisisi.


      Tekanan sosial dan politik, seperti terjadinya perang, krisis nilai dan krisis kepemimpinan.

2.      Kekuatan Internal, yaitu kekuatan yang muncul dari dalam perusahaan, diantaranya :

      Masalah sumber daya manusia, berupa peningkatan kebutuhan

      Ketidakpuasan kerja

      Produktivitas dan lain-lain.


BAB III

PEMBAHASAN

3.1  Pengembangan Organisasi PT. Kereta Api Indonesia Persero Sejarah PT. Kereta Api Indonesia Persero

Industri transportasi perkertaapian dimulai pada tahun 1864 ketika Namlooze Venootschap Nederlanche Indische Spoorweg Maatsschap membangun jalan kereta api dari Semarang ke Surakarta, Jawa Tengah. Setelah Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 28 September 1945 didirikan Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI). Pada tanggal 25 Mei 1963, Pemerintah Republik Indonesia menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1963 untuk membentuk Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Selanjutnya, pada 15 September 1997, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 1971, PNKA diubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

Pengelolaan perkeretaapian kembali memulai babak baru ketika PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1990. Untuk mendorong Perumka menjadi perusahaan bisnis jasa, pada tanggal 3 Februari 1998 Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 1998 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum (Perum) Kereta Api Menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Dengan demikian, namanya berubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api, disingkat PT Kereta Api (Persero) atau PT KA. Akhirnya, pada Mei 2010 PT Kereta Api (Persero) diubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) hingga saat ini.

Seiring dengan dinamika dunia usaha dan berkembangnya tuntutan pasar, saat ini PT KAI juga menyelenggarakan kegiatan usaha penunjang lainnya dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Diantaranya adalah pengelolaan properti yang terkait dengan jasa kereta api, pariwisata berbasis kereta api, restoran di kereta api (on train service) dan di stasiun, termasuk jasa catering dan distribusi logistic. (KAI 2018)


Pengembangan Organisasi PT. Kereta Api Indonesia Ditinjau Melalui Model Perubahan Kreitner dan Kinicki (2001)

Konsepsi perubahan terencana cenderung berfokus pada bagaimana perubahan bisa diimplementasikan dalam organisasi. Hal itu yang disebut dengan “Teori Perubahan” . Pengembangan organisasi dan perubahan menjadi dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Pengembangan organisasi sendiri dilakukan sebagai respon terhadap perubahan.

Model perubahan organisasi yang dibawa oleh (Kreitner and Kinicki 2001) ini membawa perubahan yang diawali oleh Proses Input, Element of Change, dan Output.

1.   Input

Tahapan Input merupakan masukan dan sebagai pendorong bagi terjadinya proses perubahan. Semua perubahan organisasional harus konsisten dengan visi, misi, dan rencana strategis. Di dalamnya terkandung unsur masukan internal dan masukan eksternal yang keduanya memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan. Kondisi masukan ini sangat mempengaruhi jalannya proses perubahan. (Kreitner and Kinicki 2001)

PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan salah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa transportasi di Indonesia. PT. KAI memiliki sendiri Visi yaitu “menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders”. Sedangkan Misinya adalah “Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya melalui praktik bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan empat pilar utama: Keselamatan, Ketepatan Waktu, Pelayanan, dan Kenyamanan.” (KAI 2018)

PT. KAI memiliki peran ganda, yaitu sebagai agent of development dan menjadi perusahaan yang profitable. Kondisi ini mendorong PT. KAI untuk selalu menyesuaikan diri dengan mekanisme pasar. Perusahaan harus senantiasa mengikuti perubahan-


perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal dan mengadaptasinya ke dalam lingkungan internal perusahaan.

Sejalan dengan hal itu, terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong perubahan di PT. KAI. Faktor internal yang mendorong adanya perubahan pada PT. Kereta Api Indonesia bermula saat tahun 2000 PT. KAI yang sudah berbentuk Persero memiliki pengelolaan perusahaan yang kurang tertata dengan baik, sehingga perusahaan tidak mengalami untung. Padahal PT. KAI memiliki tujuan salah satunya adalah mendapatkan keuntungan namun yang terjadi saat itu tujuannya menjadi tidak tercapai.

Adanya pergantian direksi pada tahun 2009 yang membuat perusahaan menjadi semakin intensif dalam melakukan banyak perubahan dan perbaikan dalam berbagai aspek bisnis perusahaan.Seperti yang telah diupayakan oleh Ignasius Jonan yang saat itu menjabat selaku Direktur Utama PT. KAI sebelum digantikan oleh Edi Sukmoro di pertengah tahun 2014. Saat itu, Ignasiun Jonan melakukan banyak perubahan dalam menyesuaikan budaya organisasi pada PT. KAI dengan terhadap lingkungan sekitar sebagai bentuk langkah maju untuk mengharapkan hal-hal yang positif bagi kemajuan perusahaan, dimana budaya perusahaan yang semula berorientasi terhadap produk (Product Oriented) menjadi perusahaan yang berorientasi terhadap konsumen (Consumer Oriented). Mengawali perubahan tersebut PT KAI melakukan restrukturisasi (penataan kembali) dan reformasi, dengan harapan akan ada perubahan baik dalam nilai, mindset, serta budaya organisasi dalam lingkungan kerja.

Selain itu, Tahapan input pula terdapat dalam upaya pengembangan SDM PT. KAI ini sendiri yang hingga saat ini masih terus digulirkan ditujukkan agar SDM mampu menterjemahkan 4 pilar utama KAI: Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan, dan Kenyamanan. Selain itu, SDM ini juga diarahkan untuk dapat menjadi pendukung lima nilai budaya perusahaan yaitu: Integritas, Profesional, Keselamatan, Inovasi, dan Pelayanan Prima. (KAI 2018)


Selain faktor internal, terdapat faktor eksternal yang mendorong adanya perubahan. Perubahan yang dilakukan PT. KAI muncul atas dasar pengakuan kereta api sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan. Namun dalam keberjalannya, hal ini tidak terlepas dari berbagai permasalahan perkereta apian di Indonesia, salah satu yang paling vital dan mendapat banyak masukan dari masyarakat adalah terkait kenyamanan penumpang, mulai dari keterlambatan jadwal kedatangan kereta dan keberangkatan kereta, jumlah penumpang yang melebihi kapasitas tempat duduk sehingga penumpang menjadi sangat padat, serta tiket yang banyak dijual oleh calo. (Departemen Perhubungan, dalam Widyarani, 2014, 2)

Dalam pelayanan untuk pembelian tiket, seringkali masih terjadi antrian yang panjang sehingga menghambat proses pembelian tiket. Hal tersebut menimbulkan banyak muncul praktik calo yang menjual tiket kereta api dikarenakan sistem yang masih konvensional ini. Banyak pula penumpang yang menggunakan kereta api tanpa membeli tiket terlebih dahulu, hal ini tentu berimbas pada kerugian pendapatan PT KAIitu sendiri. Selain itu, faktor kenyamanan penumpang menjadi hal yang menyita kritik dari masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya penjual-penjual makanan serta minuman yang masuk dan berjualan dalam gerbong kereta. Banyaknya tindakan pencurian dalam kereta serta berbagai keluhan lain yang menunjukkan tingkat kenyamanan yang didapat masyarakat terhadap Pelayanan PT. KAI masih sangat rendah.

Hal-hal tersebut menjadi pendorong serta pemantik bagi PT. Kereta Api Persero utnuk selalu melakukan perubahan sejalan dengan visi serta misi yang ada dalam perusahaan.

2.      Target Element Of Changes

Pada tahap ini, mencerminkan elemen di dalam organisasi yang dalam proses perubahan. Sasaran perubahan diarahkan pada pengaturan organisasi, penetapan tujuan, faktor sosial, metode, desain kerja, teknologi, dan aspek manusia. (Kreitner and Kinicki 2001)


Adanya perubahan pada budaya organisasi yang semula berorientasi terhadap produk (product oriented) menjadi berorientasi terhadap consumer (customer oriented) membawa banyak perubahan terhadap elemen-elemen pada PT. KAI itu sendiri. Perubahan yang dibawa ini dimulai saat adanya reformasi PT. KAI dimual pada masa kepemimpinan direksi Jonan Ignasius hingga pada masa kepemimpinan Edi Sukmoro. Pada masa Jonan Ignasius pembenahan terfokus pada segi infrastruktur dan pondasi dasar dari perusahaan, sedangkan pada masa Edi Sukmoro lebih memfokuskan perubahan dengan cara meningkatkan sinergitas KAI dengan dunia teknologi dan jagat digital. Elemen-elemen yang mengalami perubahan dalam PT. KAI itu sendiri diantaranya:

1.      Perubahan Identitas Perusahaan (Rebranding)

 

Rebranding pada PT. KAI dilakukan dengan di tingkat produk, dalam hal ini ialah produk jasa. Karena PT. KAI merupakan perusahaan yang bergerak pada jasa layanan transportasi penumpang, maka rebranding yang dilakukan pada tingkatan ini yaitu dengan memperbaiki pelayanan dan serta atribut lainnya. Perbaikan Layanan PT. KAI sebagai berikut.

Pertama, perubahan logo perusahaan. Perubahan logo PT KAI ini diresmikan pada 28 September 2011. Dengan adanya perubahan logo ini memberikan kesan wajah baru bagi PT. KAI serta menjadi awal dari proses rebranding yang dilakukan dengan bertahap pada perusahaan ini.

Perubahan Logo PT KAI


Sumber: Dokumentasi Divisi Public Relation PT KAI 2012


Berdasarkan dokumen PT KAI, logo lama dari PT. KAI menggambarkan sifat yang tegas, gerak horizontal juga bolak balik. Dua garis lurus dengn ujung yang melengkung serta arah berlawanan selain menggambarkan arah bolak balik perjalanan kereta api, tetpai juga melambangkan pelayanan memberi dan menerima. Gaya gambar memberi arti lugas, langsung, tajam, teknis, sesuai dengan staf teknis kereta api.

Berdasarkan Laporan Tahunan PT KAI 2011 logo PT KAI Baru ini merangkum lima nilai utama baru yang dijunjung saat ini yaitu diantaranya, integritas, keselamatan, inovasi dan pelayanan prima. Adapun makna logo baru tersebut seperti yang terdapat pada Laporan PT KAI 2011 yaitu: pertama, terdapat 3 buah garis melengkung yang menggambarkan gerakan yang dinamis dari PT. KAI dalam upaya mencapai Visi dan Misinya. Kedua, terdapat 2 garis orange yang menggambarkan proses pelayanan prima yang ditunjukkan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih menggambarkan Nilai Integritas, yang harus ditanamkan oleh setiap pegawai PT KAI dalam mencapai tujuan Pelayanan Prima. Satu buah garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholder. Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat meningkat.

Alasan yang mendasari adanya perubahan ini karena rencana pemerintah yang akan memasukkan perusahaan swasta ke dalam industri perkertaapian sehingga akan menciptakan adanya persaingan dalam upaya pemberian layanan yang terbaik. Maka dari itu, melalui adanya pencanangan logo baru menjadi salah satu penerapan dari semangat “Bangun dan Lari!” yaitu sebuah langkah yang cepat dari perusahaan untuk bisa mempersiapkan diri dan mengantisipasi adanya persaingan yang ketat dari perusahaan swasta melalui cara memperlihatkan citra yang lebih baik pada masyarakat sebelum perusahaan swasta ini masuk dalam industri perkertaapian Indonesia.

Untuk faktor pelayanan dalam PT KAI ini sendiri telah mengalami perbaikan. Hal ini dikarenakan Pelayanan dan Keamanan menjadi salah satu bagian Rebranding pada PT KAI itu sendiri. Perbaikan layanan tersebut diantaranya pada perbaikan layanan


stasiun. Stasiun merupakan hal yang identik dari PT KAI dan menjadi wajah awal dari PT KAI. Sehingga dalam pelayanan publik yang baik perlu mulai dilakukan dari stasiun itu sendiri. Perubahan secara fisik yang dapat dilihat diantaranya LCD TV yang memuat informasi sisa tempat duduk kereta api secara online. Selain itu diterapkan juga sistem boarding di stasiun, dimana hanya penumpang yang memiliki tiket yang boleh masuk ke dalam peron. Hal ini untuk mendukung sistem one passenger one seat (satu tempat duduk untuk satu penumpang). Sistem ini juga mengharuskan nama penumpang yang tertera sesuai dengan nama penumpang yang akan menggunakan kereta, hal tersebut dilakukan dengan menjukkan kartu identitas yang berlaku. Perubahan ini dilakukan sebagai upaya perbaikan atas permasalahan-permasalahan yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya dimana banyak penumpang yang menggunakan kereta namun tidak memiliki tiket sehingga mengakibatkan kerugian pada PT. KAI

Untuk faktor keamanan, terjadi perubahan sistem pengawasan yang ada di PT KAI itu sendiri. Menanggapi persoalan banyak pedagan asongan yang berjualan di dalam gerbong kereta dan faktor faktor keamanan lainnya, PT KAI memperbaiki keamanan dan kenyamanan Kereta Api dengan memberikan upaya perbaikan pelayanan. PT KAI mulai membentuk direktorat keselamatan pada tahun 2010. Salah satu tugs dari Direktorat keselematan ini adalah memastikan bahwa perjalanan kereta api berjalan dengan lancar dan aman. Hal ini dilakukan dengan cara pengecekan kondisi kereta, persinyalan, kondisi petugas jaga palang pintu kereta, serta pengamanan jalur rel dari penumpang saat kereta hendak masuk ke stasiun. Khusus untuk KRL, telah ada pemasangan roof barrier dan semprotan cat bagi penumpang yang tetap memaksa naik ke atap kereta. Selain itu, peningkatan keamanan disertai melalui adanya Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) adalah petugas yang menjaga keamanan dan ketertiban selama perjalanan diatas kereta api dan stasiun. Selain itu terdapat pula OTC (On Trip Cleaning) adalah petugas yang membersihkan seluruh rangkaian kereta baik kereta lokal, ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

2.      Perubahan Teknologi

Perubahan dalam teknologi yang terjadi pada PT KAI sudah dimulai sejak masa kepemimpinan Ignasius Jonan yang kemudian semakin dikembangkan saat masa kepemimpinan Edi Sukmoro. Pada masa kepemimpinan Ignasius Jonan PT KAI menciptakan inovasi teknologi dan jasa produk yang banyak diakui dan dinikmati oleh masyarakat. PT KAI membuktikan kepada seluruh stakeholdernya bahwa pengembangan dan inovasi teknologi serta produk yang berkelanutan merupakan wujud dari kepedulian manajemen PT KAI dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

A.      Pemesanan Tiket Online dan sistem Self Check In

Terobosan yang dilakukan PT KAI yaitu optimalisasi teknologi informasi sehingga penjualan tidak hanya terpusat di stasiun. PT KAI melakukan kerjasama dengan PT POS, alfamart, indomaret serta agen-agen travel dan pemesanan online lainnya. Setelah adanya sistem pemesanan online, adapula pemanfaatan teknologi yang diterapkan selanjutnya oleh PT KAI yaitu dengan memberlakukan sistem ‘Self Check In’ atau cetak tiket kerta dengan mandiri. Sistem ini dilakukan hanya dengan memasukkan nomer booking dan nomor identitas atau KTP serta tempat stasiun keberangkatan, penumpang yang telah memesan tiket secara online atau melalui minimarket dapat langsung mencetak tiketnya sendiri melalui printer atau mesin pencetak yang ada tanpa perlu mengantri di loket. Layanan self check in ini dimaksudkan memudahkan pengguna KA dalam mendapatkan tiket. Penumpang yang sudah memesan tiket di cannel eksternal atau agen resmi dan sudah mendapatkan kode booking tidak perlu lagi antri di loket stasiun, bisa mencetak sendiri di sistem self check tersebut.

B.     Aplikasi KAI ACCESS

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) berupaya untuk terus berinovasi diiringi dengan perkembangan teknologi dengan tujuan memenuhi harapan pelanggannya. Salah satunya dengan pengembangan layanan kemudahan dalam membeli tiket Hal tersebut dilakukan PT. KAI Access yakni dengan mencanangkan aplikasi KAI Access.

Aplikasi KAI Access ini pernah dibuat sebelumnya pada tahun 2011 dengan nama KABILA atau Kereta Api Mobile Application. Kabila menggunakan teknologi sms base sesuai dengan teknologi yang sedang berkembang saat itu. Kemudian aplikasi tesebut berkembang pada tahun 2013 dengan diluncurkannya ‘Kereta Api Indonesia’ Official mobile Application untuk pengguna Blackberry. Aplikasi tersebut diperbaharui dengan fitur pemesanan tiket via online. Maraknya pengguna android, IOS dan Mobile phone membuat aplikasi pemesanan tiket online melebarkan pasar untuk dapat digunakan pada berbagai smartphone pada tahun 2014, dengan nama KAI Access. (Purba 2019)

Tampilan awal dan menu aplikasi KAI Access

Kemudahan yang ditawarkan dari aplikasi KAI Access ini diantaranya:

-          Pembayaran yang fleksibel tanpa perlu mengantri di stasiun. Pembayaran dapat dilakukan di ATM maupun swalayan terdekat.

-          Setelah pembayaran, calon penumpang bisa menunjukkan bukti pembayaran dan mencetak tiket sendiri di booth yang disediakan di stasiun.

-          Calon penumpang bisa memesan tiket jauh-jauh hari yakni hingga 3 bulan untuk menghindari keterbatasan kursi.

-          Pengguna aplikasi pemesanan tiket kereta api online dapat mendaftarkan 4 orang sekaligus

-          Calon penumpang dapat memilih tempat duduk sendiri, hal ini tentu menguntungkan karena biasanya beberapa penumpan harus terpisah jika membeli tiket secara offline.

-          Tak hanya kereta api eksekutif dan bisnis, pembelian tiket kereta api ekonomi pun bisa dibeli secara online dari aplikasi KAI Access ini. (Purba 2019)

Perubahan melalui inovasi aplikasi KAI Access ini bertujuan untuk membuat segala aktivitas pemesanan tiket kereta dapat dengan mudah dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasi yang beriorinetasi kepada pelanggan.

3.      Perubahan Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Menurut data yang dikeluarkan PT. KAI di website mengenai profil SDM PT KAI setidaknya terdapat beberapa perubahan mendasar dalam sistem manajemen SDM PT KAI yaitu perubahan sitem remunerasi, meniadakan senioritas, perekrutan (pro hire), dan pengembangan SDM.

 

A.      Sistem remunerasi

Hal lain yang tidak kalah penting dalam serangkaian perubahan ini adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai dengan meningkatkan standar gaji beserta tunjangannya sesuai dengan standar gaji perusahaan menengah atas. Pemberian tunjangan tersebut disesuaikan dengan besarnya resiko dan tanggung jawab dari masing-masing bagian. Salah satu contohnya adalah Gaji Kepala Daerah Operasional (KaDaop) atau yang sekarang yaitu vice president dua level di bawah direksi. Apabila sebelumnya gaji pokok dari KaDaop ini tidak mencapai Rp4 juta, kini gaji KaDaop dinaikkan sampai Rp 4 juta beserta dengan tunjangan yang sebelumnya Rp3 juta menjadi Rp17 juta. Selain itu, KaDaop juga diberikan tambahan uang pulsa sebesar Rp 1 juta per bulannya. Yang lebih menarik lagi, seorang KaDaop juga menerima corporatecredit card. Biasanya, corporate credit card ini diperbolehkan hanyauntuk direksi saja. Namun hal ini dilakukan supaya meningkatkankepercayaan diri seorang KaDaop. Angkanya limitnya ini tentu akan berbeda-beda. Setiap pegawai kini juga


BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1   Kesimpulan

Segala perubahan yang ada dapat terjadi di setiap aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah perubahan organisasi di bidang layanan transportasi. Transportasi kini menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia dan kebutuhan dari masyarakat Indonesia terhadap transportasi umum selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut menuntut berbagai organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan transportasi untuk harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan transportasi adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melayani publik dengan jasa angkutan kereta api, dimana kereta api ini merupakan salah satu angkutan publik yang dapat diandalkan. Dalam mengembangkan organisasinya, PT. KAI melakukan berbagai inovasi perubahan dalam menjawab tuntutan zaman.

Menurut (Kreitner and Kinicki 2001) mengenai model perubahan organisasi menggambarkan perubahan meliputi komponen yang terdiri atas input yaitu berupa input (pendorong terjadinya perubahan), (target elemen of change) unsur-unsur yang hendaklah dirubah dan output (hasil akhir yang diinginkan atas suatu perubahan.

4.2  Saran

Strategi serta upaya-upaya perubahan yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia yang telah dilakukan perlu diimbangi dengan adanya sosialisasi terhadap masyarakat. Seperti salah satunya pada sistem Self Check In yang belum tersosialisasi dengan baik yang menyebabkan banyak masyarakat bingung untuk menggunakannya. Hal ini dilakukan agar kedepannya setiap perubahan yang akan dilakukan selanjutnya dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, perlu adanya penerapan sistem Self Check In ini diseluruh stasiun kereta api dan tidak hanya berada di stasiun-stasiun besar saja demi memudahkan para pengguna kereta api di seluruh stasiun di Indonesia.

Untuk perubahan terhadap internal perusahaan, saran dari peneliti yaitu untuk lebih menggunakan variasi strategi serta memperbanyak pelatihan agar setiap perubahan dalam PT Kereta Api Indonesia dapat terlaksana dengan baik serta sosialisasi strategi pun perlu untuk lebih ditingkatkan pada para pegawainya.


DAFTAR PUSTAKA

 

Beckhard,   Richard.   1969.    Organizational    Development:    Strategis    And   Models.

Massachussets: Addision-Wesley.

Bennis, Warren. 1969. Organization Development: Its Nature, Origins, and Prospects.

Buffalo: Addison-Wesley Publishing Company.

Hardiansyah, A Sumantri, Aspi Zaitun, Mukran, and Dina Mellita. 2019. "Analisis Pengembangan Organisasi Pelayanan Publik melalui Proses Diagnosa dan Intervensi." Jurnal Ilmiah Administrasi Publik 42-49.

Hasibuan, Malayu S. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

KAI, PT. 2018. Challenging and Optimizing: Driving Forward through Strategic Focus.

Annual Report, PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Kaswan. 2019. Perubahan Dan Pengembangan Organisasi. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kreitner, R, and A Kinicki. 2001. Organizational Behavior, Fikh Edition, International Edition. Mc Graw-Hill companies.

Najiyah, Nana. 2016. "Penerapan Konsep New Public Management di PT KAI." 1-19. Neli, Biaini Muna. 2014. "Transformasi PT. KAI." 1-17.

Purba, Minda Mora. 2019. "Pemesanan Tiket Kereta Api Online (E-Ticketing) Menggunakan Aplikasi KAI Access." Jurnal Sistem Informasi 175-194.

Siagian, Sondang P. 1980. Filsafat Administrasi. Surabaya: Bumi Aksara.

Sutarto. 2002. Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

PROPOSAL BISNIS “TANSUKE EDAS” PRAKTIKUM INKUBATOR BISNIS DAN KEUANGAN

  PROPOSAL BISNIS “TANSUKE EDAS” PRAKTIKUM INKUBATOR BISNIS DAN KEUANGAN     Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pr...